SMA Negeri 1 Permata Raih Juara Satu Adiwiyata Tingkat Kabupaten Bener Meriah

REDELONG : Program Adiwiyata adalah merupakan program pendidikan lingkungan hidup, program tersebut merupakan program besutan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan republik Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan ramah lingkungan.

Dimana program Adiwiyata itu adalah suatu upaya untuk membangun program atau wadah yang baik dan ideal, untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk Cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Menindaklanjuti program kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bener Meriah laksanakan program Adiwiyata pada tingkat sekolah SMA sederajat se-kabupaten Bener Meriah.

Menurut Kepala seksi ( Kasi ) Penegakan hukum dan penindakan Dinas Lingkungan Hidup Bener Meriah , Marlina , saat dikonfirmasi, Selasa ( 14/5/2019 ) di kantornya menyampaikan, dari hasil penilaian para tim yang langsung turun kesekolah-sekolah , pihaknya menobatkan SMA negeri 1 Permata sebagai juara 1 Adiwiyata tingkat Kabupaten Bener Meriah.

Lanjutnya, dalam penentuan sekolah yang pantas meraih juara dan mewakili Kabupaten Bener Meriah untuk tingkat Provinsi ada dua hal yang menjadi dasar penilaanya. Yaitu penilaian secara administrasi sekolahnya dan kondisi lapangan sekolah tersebut.

” Kalau dari segi lapangan disekolah, terlihat teduh, asri, banyak pepohonan dan tentunya ramah lingkungan ( go green ) sementara penilaian secara administrasi ada berkas-berkas penilaian Adiwiyata yang harus dicapai sekolah tersebut “, ulasnya.

Marlina menambahkan, tim penilai bukan hanya berasal dari dinas lingkungan hidup, namun juga melibatkan koordinator tim sekolah Adiwiyata seperti SMA Negeri 1 Bandar yang pernah meriah juara Adiwiyata tingkat Nasional pada tahun 2012 silam, Pengawas Sekolah dan dari Dinas Pendidikan.

Dan dari hasil penilaian tim, maka Juara I dirah SMA Negeri 1 Permata, dan Juara II jatuh pada Sekolah MAN 1 Bener Meriah yang berada di Kecamatan Bukit. Papar Marlina.

Sementar itu Pelaksana tugas ( Plt ) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bener Meriah Ir. Merah Gading menuturkan, program Adiwiyata adalah merupakan yang setiap tahun dilaksanakan di tingkat Kabupaten bila mana anggaran tersedia. Dan kebetulan pada tahun 2019 anggaran tersebut tersedia.

Katanya lagi, program ini adalah merupakan program langsung dari kementerian lingkungan dan hutan. Yang mengintruksikan setiap daerah untuk melaksanakan program ini untuk memilih perwakilan sekolah dari tingkat Kabupaten untuk berlomba pada tingkat Provinsi dan nasional.

Plt Kadis Lingkungan Hidup itu mengharapkan, setiap sekolah di Kabupaten Bener Meriah agar mewujudkan sekolah yang ramah lingkungan, yang bersih, nyaman , dan asri. Sehingga para pelajar tidak jenuh berada disekolah.

” Dengan lingkungan yang bersih, sehat akan lebih memotivasi peserta didik untuk belajar karena merasa nyaman berada dilingkungan sekolahnya masing-masing “, pungkas Merah Gading.

Merah Gading juga mengatakan, bagi sekolah meraih juara tersebut, diberikan piagam penghargaan, piala, uang pembinaan dan bibit-bibit pepohonan untuk ditanami di areal sekolah.

” Kita mengharapkan, semua pelajar dapat menjadi pelopor generasi pencinta lingkungan, baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan tempat tinggal masing-masing “. Pinta Gading .( G

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!