Seorang Peserta Calon Anggota KIP Bener Meriah Tidak Hadir Tes Baca Alquran

REDELONG : Sebanyak 35 peserta dari 36 calon anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bener Meriah yang lulus tes administrasi, mengikuti tahapan tes mampu baca Alquran. Sabtu 15 September 2018 di ruang Aula DPRK setempat.

Sebelumnya, peserta yang mendaftar untuk calon anggota KIP Bener Meriah periode 2019-2024 berjumlah 38 orang, namun satu peserta dinyatakan gugur karena dia mencabut berkasnya, dan satu peserta lagi gugur karena usianya belum genap 30 tahun sampai batas akhir pendaftaran. Kata Effendi ketua pansel saat dikonfirmasi Sabtu 15 September 2018 di DPRK Bener Meriah.

Effendi menambahkan, dari 36 orang peserta calon KIP itu, satu orang tidak hadir dan dan tes mampu baca Alquran ini adalah salah satu syarat yang mutlak maka secara otomatis yang tidak mengikuti tes tersebut akan gugur.

” Salah seorang peserta tidak hadir, dan setelah kita menghubungi yang bersangkuyan beliau menyatakan tidak dapat hadir untuk itu dia dinyatakan gugur ” jelas Ketua tim Independen penjaringan dan penyaringan calon KIP.

Adapun tim yang menguji peserta mampu membaca Alquran berasal dari tiga lembaga, tambah Effendi, diantaranya dari MPU di wakil tgk Fakamuddin, S. Sy, dari LPTQ / Dinas Syariat Islam Tgk Aldiayan AR, dan dari Kementerian Agama ( Kemenag) Tgk. Hasbiyallah ZA, S. Aq. Papar Effendi.

Untuk hasilnya, lanjut Effendi, hari senin 17 September akan kita umumkan, dan kita berharap untuk tes mampu baca Alquran ini lulus semuanya. Pintanya. (Gona )