Sekjen Kementerian Kominfo Ajak Masyarakat Sebarkan Kebaikan dan Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Media Sosial

TAKENGON: Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti jadi keynote spaker dalam Diskusi Publik bertajuk “Bersinergi Melawan Hoaks Demi Damai di Bumi Pertiwi”, Sabtu (24/8/2019) di gedung Ummi Pendopo Aceh Tengah.

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah peserta dari jajaran SKPK, organisasi masyarakat, Kelompok Informasi Masyarakat, awak media dan Badan eksekutif Mahasiswa di Takengon. Selain Niken, turut hadir narasumber lainnya yakni; Dr. Ismail Cawidu, Tenaga Ahli Siseminasi Informasi Kementerian Kominfo dan Dr. Joni, MN, pakar budaya gayo.

Internet dalam hal ini Media Sosial sebut Niken seperti dua sisi mata pisau, ada dampak positif dan negatif. Penyebaran hoaks adalah salah satu sisi negatif yang dapat memecah belah bangsa.

“ Media sosial atau internet sesungguhnya sangat bermanfaat sekali bagi kemajuan, bisa untuk edukasi kepada masyarakat tentang berbagai hal“ujar perempuan yang sebelumnya pernah beberapa kali berkunjung ke Gayo saat menjabat sebagai Direktur Utama RRI ini.

Ia menambahkan, internet semestinya bisa digunakan untuk promosi potensi daerah . Seperti kopi Gayo yang telah diakui sebagai kopi terbaik di dunia. Tak hanya itu kata Niken, juga produk-produk unggulan yang ada di Dataran Tinggi Gayo.

Sementara itu sebutnya, Hoaks bertujuan untuk menghancurkan kepercayaan akan data dan kebenaran. Pemerintah sendiri telah berupaya keras untuk memberantas Hoaks.

“Orang membuat Hoaks ada beberapa tujuannya, untuk membuat orang marah, membuat orang membenci kepada seseorang, diajak untuk membenci presiden, membenci pemerintah, diajak membenci orang lain, sebenarnya di ajaran agama manapun ajakan membenci ini tentu tidak dibenarkan”ungkap Niken.

Dalam kesempatan ini Niken mengajak para tokoh agama dan tokoh-tokoh masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar menggunakan media sosial untuk menyebarkankan kedamaian dan menyebarkan kebaikan.

“Untuk menyebarkan nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai nasionalisme dan nilai persatuan dan kesatuan bangsa”ajak Niken.

Diskusi Publik yang digelar oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo ini dirangkai dengan pertunjukan seni dan budaya dengan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kepemudaan Olah Raga Pemkab Aceh Tengah dengan tema “Bersatu untuk Indonesia Maju” di lapangan Sekdakab Aceh Tengah. (Arsadi Laksamana)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!