Untuk 5 WTP Berturut-turut Aceh Tengah Terima Penghargaan Menteri Keuangan

Foto| Humas Aceh Tengah

BANDA ACEH: Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar terima piagam penghargaaan Menteri Keuangan untuk Opini WTP 5 kali berturut-turut. Pemberian piagam ini langsung diserahkan oleh Plt.  Gubenur Aceh,  Nova Iriansyah, di Gedung Serba Guna Kantor Gubernur Aceh.  Kamis (21/11).

Penghargaan tersebut didapat Aceh Tengah karena telah berhasil  meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut atas laporan keuangan dari BPK RI, sejak 2014 hingga 2018.

Sebagaimana diketahui sebelumnya kabupaten penghasil kopi ini  telah menerima WTP sejak tahun 2007, 2008, 2009, 2010, 2012, 2014, 2015, 2016, 2017 dan penghargaan opini WTP atas LHP tahun 2018. Artinya, WTP tahun ini adalah WTP ke 10 untuk Aceh Tengah.

Pemberian Piagam tersebut berbarengan dengan penyerahan DIPA dan daftar transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2020 oleh Plt. Gubernur kepada kepada seluruh kabupaten di Aceh. Juga pemberian Penghargaan WTP secara simbolis ke seluruh Forkopimda Aceh, Bupati dan Walikota se Aceh, juga instansi vertikal yang berafiliasi kepada Pemerintah Aceh.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengapresiasi kepada seluruh bupati dan walikota yang sudah bekerja keras dengan performa terbaik sehingga menghasilkan prestasi terbaik.

“Tahun ini, berdasarkan laporan Menteri Keuangan, seluruh kabupaten dan kota se Aceh mendapat Opini WTP 100% berturut turut, patut dibanggakan bersama, karena tidak semua pemerintah daerah bisa mendapatkannya, yang mana didapatkan melalui kerja keras kita bersama,”ungkapnya.

Untuk DIPA, Nova mengajak seluruh pihak, agar  segera menjalankan semua yang sudah dialokasikan di DIPA. “Saya optimis, jika DIPA ini cepat dieksekusi, APBA dan APBK, maka Ekonomi Growth Aceh 2020 targetnya sekurang-kurangnya sama dengan pertumbuhan ekonomi nasional, bahkan bisa lebih tinggi,” tandas Nova.

Plt. Gubernur berpesan, untuk berhati-hati dalam mengatur anggaran, namun juga tetap meningkatkan kualitas pengelolaan. “Mudah-mudahan seluruh kab/kota dan seluruh institusi vertikal sudah berada di lintasan yang benar, tinggal memperbaiki akselerasi yang belum baik, dan meningkatkan yang sudah baik,” katanya.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar
mengutarakan, prestasi yang telah diraih itu kedepan harus ditingkatkan atas kepercayaan Pemerintah Pusat.

“Semoga kedepan prestasi ini dapat terus ditingkatkan dan terimakasih kami ucapkan kepada semua pihak yang terus mendukung prestasi yang diperoleh ini,” jelas orang nomor satu di Aceh Tengah itu.

Shabela menerangkan, Opini WTP  merupakan perwujudan pengelolaan keuangan daerah yang sehat, tidak semata- mata ditentukan, cara penyajian laporan keuangan yang berkualitas, namun juga efektivitas sistem pengendalian internal yang memadai serta kepatuhan terhadap aturan perundang-undangan.

Hal ini diraih karena menerapkan  empat hal yang diperhatikan dalam pelaporan keuangan Pemerintah Daerah, yakni pencatatan aset yang baik, sumber daya manusia yang menguasai akuntansi, bantuan sosial dan hibah yang sesuai dengan peruntukannya, serta penguasaan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) atau Inspektorat, terhadap materi sistem akuntansi pemerintahan yang baik.

Hasil yang dicapai ini, sebut Shabela tak lepas dari hasil kerja keras seluruh jajaran perangkat daerah Aceh Tengah atas kerja kerasnya mempertahankan kinerja yang sudah baik.  Capaian opini terbaik atas laporan keuangan merupakan salah satu indikator dari praktek pengelolaan keuangan daerah yang sehat dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Ia berharap prestasi ini kedepannya akan terus dipertahankan dan terus ditingkatkan. (ARS)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!