Puluhan Siswa SD Islamic Character Ikuti Outing Class, dari Panen Tomat Hingga Panen Ikan

  • Whatsapp
Siswa/i SD Islamic Character Empus Talu, Bebesen, Aceh Tengah saat memanen ikan milik Kakek Birin, Daling. Kegiatan itu dibungkus dalam program Outing Class (Photo/Kabargayo)

Kabargayo.com, Takengon: Sebanyak 50 Siswa/i Sekolah Dasar (SD) Islamic Character Takengon terjun langsung mengikuti kegiatan Outing Class di Kampung Daling, Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah, Sabtu 02/10/2021.

Kegiatan rutin tahunan itu turut serta didampingi puluhan dewan guru, dari mulai memetik buah tomat milik pak Sukur yang tengah masuk masa panen hingga memanen ikan di kolam milik Kakek Birin, Kampung Daling.

Read More

Program itu sengaja digelar untuk melepas penat para siswa/i supaya tidak jenuh berada didalam ruangan, terlebih kondisi saat ini tengah dilanda wabah Covid-19.

“Belajar diluar sekolah tujuanya untuk menambah pengetahuan siswa tentang belajar di alam terbuka, sekaligus mengamalkan Ayat Al-Qur’an tentang tidak boleh sombong,” terang Kepala Sekolah SD Islamic Character, Andi Ramona.

Kehadiran para Siswa/i dan para dewan guru itu disambut antusias oleh warga setempat. Bahkan, sebelum kegiatan itu digelar, pihak sekolah telah bersurat ke aparatur desa setempat sebagai pemberitahuan.

“Sudah kami layangkan surat ke Reje Kampung, artinya, jauh-jauh hari sudah dipersiapkan. Allhamdulillah sambutan warga sangat antusias,” katanya.

Menurut Andi, Kegiatan Outing class merupakan media yang efektif dan efisien dalam menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik.

Pembelajaran bukan dari teori semata, melainkan kebenaran dan bukti nyata di lapangan. “Yang ingin dicapai dalam program ini, bagaimana mendekatkan siswa dengan lingkungan, mempermudah pemahaman materi dengan melihat realita sesungguhnya,” paparnya.

Siswa/i saat memetik tomat milik Pak Sukur Daling (Photo/Kabargayo)

Outing Class yang diselenggarakan SD beralamatkan di Kampung Empus Talu, Bebesen itu merupakan satu di antara proses pembelajaran yang inovatif, nyata, dan relevan dengan tuntutan zaman. Pembelajaran yang diawali dengan kajian teoritis hingga pada akhirnya disajikan pada kenyataan.

“Anak-anak sangat bahagia ketika berada dilapangan, mulai dari memetik tomat dan menangkap ikan didalam kolam yang berlumpur,” ujar Kepala Sekolah SD Islamic Character yang baru berdiri sejak 13 Juli 2020 itu. Hingga hari ini masih tercatat kelas 1 dan Kelas dua. (KG31)

Related posts