Polantas Aceh Tengah Bagi-bagi Takjil Sambil Berdidong

TAKENGON: Jajaran Polisi lalu lintas, Mapolres Aceh Tengah sore Selasa, (5/6) membagi-bagikan Takjil bagi masyarakat yang melintasi jalan Lebe kader, tepatnya di depan Polres setempat.

Selain membagikan penganan berbuka puasa, polisi lalu lintas dengan media kesenian Didong memberikan himbauan dengan cara beberapa anggota lantas berdidong di lampu lampu merah.

Kapolres Aceh Tengah AKBP Hairajadi, SH mengatakan, kesenian tradisional Gayo tersebut sengaja dirancang untuk menyampaikan himbauan bagi pengendara yang melintas oleh satuan lalu lintas dengan kata-kata yang menggelitik dan sedikit lucu.

“Sambil pengendara menunggu lampu merah mereka mendengarkan himbauan yang dimaksud, lalu ibu-ibu Bhayangkari membagikan Takjil bagi pengendara khususnya bagi pengendara roda dua”, Hairajadi usai pelaksanaan pelaksanaan pembagian Takjil.

Terkait arus Mudik Lebaran Idul Fitri 1439 Kapolres juga menambahkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan seluruh instansi terkait, untuk pengamanan pelaksanaan pengamanan mudik dilakukan secara bersama-sama.

“Intinya membuat aman nyaman masyarakat yang melaksanakan mudik maupun yang bersilaturahmi”, tegasnya.

Saat ini pihaknya sudah mendirikan Tiga Pos, pos utama, pos pelayanan dan pos pengamanan termasuk tempat beristirahat bagi pengendara yang akan melintas. “Semua sudah kami siapkan, termasuk tempat istirahat sudah kami persiapkan silahkan mampir di pos kami, dokter juga sudah kami persiapkan”kata pria berdarah gayo itu.

Terkait titik yang rawan kecelakaan diseputaran Kabupaten Aceh Tengah pihaknya juga sudah memasang himbauan, himbauan tersebut bertujuan untuk mempermudah aparat untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan apabila terjadi bencana longsor dan kebakaran, serta pihaknya sudah mengantisipasi hal tersebut dengan pemerintah tentang penyelesaian dan penanggulangannya.

Ia juga menghimbau, kepada seluruh masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran untuk tertib berlalu lintas sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan.

“Kalau bisa tahun ini jangan ada terjadi kecelakaan, saya rasa itu bisa apabila masyarakat taat aturan lalu lintas memakai helm, tidak ugal-ugalan, tidak ngebut dan membawa surat-surat kendaraan”, harap Hairajadi didampingi Kasat Lantas Iptu Rina Bintar Handayani, S.Ik.(Putra Gayo)