Penguatan Pendidikan Karakter SMPT Semayoen Nusantara Terapkan Program SBP

REDELONG:Program pembelajaran merupakan hal terpenting dalam dunia pendidikan, hal inilah yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Pertama Terpadu (SMPT) Semayoen Nusantara, sekolah  unggulan di Bener Meriah ini terapkan Program Sekolah Berbasis Pesantren (SBP) untuk tingkatkan mutu pendidikan di tingkat guru dan siswa.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh SMPT Semayoen Nusantara dalam program SBP, diantaranya adalah pelatihan penulisan Rencana Program Pembelajaran dengan penguatan unsur PPK (penguatan pendidikan karakter), jurnalistik dasar siswa, latihan dasar kepimpinan siswa, strategi menjawab soal dengan cepat dan kegiatan lainnya.

Semua kegiatan ini didanai dari program SBP yang diluncurkan oleh Pemerintah. Eva Andayani, S.Pd, salah seorang guru yang juga Pasilitator  mengatakan penanggung jawab program ini  adalah Tgk. Zambiuni selaku Pimpinan Harian Pesantren Semayoen Nusantara dan ketua kegiatan Raudhah, Kepala Sekolah SMPT Semayoen Nusantara dan beberapa fasilitator yang terlibat di dalam kegiatan tersebut.

“Sekolah berbasis Pesantren adalah program mengintegrasikan keunggulan sistem pendidikan yang dikembangkan di sekolah umum dengan keunggulan sistem pendidikan yang dilaksanakan di pesantren, dengan memadukan keduanya para siswa nantinya mempunyai karakter yang kuat, mandiri, serta mampu mengamalkan ilmunya dengan sikap yang saleh dengan penerapan nilai-nilai agama, moral dan adat istiadat yang mulai tergerus arus modernisasi”jelas Eva Andayani.

SMPT Semayoen Nusantara merupakan bagian dari Pesantren Semayoen Nusantara  yang lahir  sejak  2007 dan berada di Reje Guru, Kecamatan Bukit Bener Meriah dan dipimpin oleh Selaku Wali Putra SE.  SMAS Semayoen Nusantara (SMAS SENURA) juga merupakan bagian dari pesantren ini.

“Program ini banyak  bermanfaat bagi siswa tidak terkecuali bagi kami para guru, terutama dalam penguatan karakter para peserta didik dan pendidik. Siswa semakin mandiri dan displin dalam mengikuti pembelajaran sementara untuk para guru kompentensinya semakin meningkat dalam pengajaran, ”ungkap Eva Andayani.

Sejak dicanangkan pemerintah, Program SBP telah diterapkan di sejumlah sekolah di Indonesia, pemerintah sendiri menargetkan semua kabupaten dan kota mempunyai SMP berbasis pesantren, hal tersebut merupakan meningkatkan kualitas pendidikan di pesantren, kompentensi dan kapasitas guru, kurikulum dan proses belajar-mengajarnya. (Wien Godank)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!