Pengendara Kerap Terjungkal, Warga Minta PDAM Tirta Tawar Cepat Tanggap

Jalan berlubang ditengah badan jalan tepatnya didepan ATM BSI Simpang Empat, Bebesen, Aceh Tengah (Photo/Kabargayo)

Kabargayo.com, Takengon: Tepat ditengah badan jalan lintas Nasional, Simpang Empat, Kecamatan Bebesen Aceh Tengah, aspal terlihat menganga dengan kedalaman kurang lebih 20  Cm. Menurut keterangan warga, Ecek, pengendara kerap terjungkal dilokasi itu.

Kata Ecek, dilokasi lubang yang menganga itu terdapat saluran air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tawar Aceh Tengah, petugas sering melakukan perbaikan jika saluran air tersebut bocor.

Read More

Namun meninggalkan sisa setelah perbaikan, sehingga ketika hujan lebat turun, batu kerikil yang ada dilubang tersebut hanyut dibawa air sehingga lubang semakin dalam. Bahkan, ketika malam hari, air tergenang dalam lubang tersebut menyebabkan pengendara hilang kendali. Utamanya bagi pengendara roda dua.

“Berulang pengendara roda dua terkecoh ketika malam hari, karena air nya tergenang, apalagi pas di musim hujan. Kami minta perhartian serius dari pihak PDAM Tirta Tawar, kalau tidak segera diatasi, kami khawatir akan banyak pengguna jalan yang terjungkal,” kata Ecek, Sabtu 25 September 2021.

Saat ini, masyarakat setempat berinisiatif membuat rambu-rambu bertuliskan “Awas, hati-hati jalan berlubang”, tepat diatas lubang tersebut. Dengan harapan, pengendara dapat terhindar dari lubang itu.

“Sudah berulang kami sampaikan kepada pihak PDAM untuk segera diperbaiki, namun hingga hari ini belum ada respon,” kata Ecek, berharap pihak terkait dapat mendengar.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Tawar Aceh Tengah Dayat mengatakan, dilokasi itu terdapat pipa asbes yang dipasang pada tahun 80 an, meski kerap diperbaiki saluran itu tetap bocor, lantaran telah dimakan usia.

“Ada pipa Asbes gandeng dengan pipa Galpanes melintang dibawah aspal, masalahnya, harus dibongkar aspal untuk penggantian pipa tersebut, kita upayakan dulu penganggaran, mudah-mudahan bulan depan kita perbaiki,” terang Dayat melalui sambungan telpon. (KG31)

Related posts