Open Turnamen Catur Piala Bupati Berlangsung di Aceh Tengah

  • Whatsapp
Open Turnamen Catur di Aceh Tengah

Kabargayo.com, Takengon: Dalam rangka mencari bakat baru dan menjaring atlet PRA PORA olahraga catur dari Kabupaten Aceh Tengah, Pengcab PERCASI bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Aceh Tengah, menggelar Open Turnamen Catur Piala Bupati 2021.

Bupati Aceh Tengah yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Mursyid, M.Si membuka secara resmi gelaran turnamen catur klasik tersebut, bertempat di Tribun Utama Gelanggang Musara Alun, Jum’at (01/10).

Read More

Bupati dalam arahannya yang dibacakan Asisten-I itu menyambut positif terselenggaranya even dimaksud. Menurutnya, melalui turnamen-turnamen seperti ini dapat menjadi stimulan (pendorong) untuk lebih memasyarakatkan olah raga catur terutama di Kabupaten Aceh Tengah.

Bupati menyebutkan inisiatif untuk melihat potensi, bakat dan bibit-bibit olahragawan dengan menyelenggarakan pertandingan merupakan langkah konstruktif dan perlu dukungan semua pihak.

Dikatakannya, melalui turnamen ini juga nantinya diharapkan akan meningkatkan prestasi olahraga catur serta melahirkan atlet-atlet andal yang mampu bersaing ditingkat lokal, nasional bahkan internasional.

“Apalagi dalam waktu dekat kita akan menghadapi even PRA PORA, tentusaja turnamen ini sangat representatif untuk menjaring calon atlet catur mewakili daerah ini,” kata Mursyid.

Lebih lanjut, orang nomor satu dikabupaten berhawa sejuk itu juga menganalogikan bahwa, membina suatu cabang olahraga sehingga berprestasi, memang membutuhkan kerja keras dan memerlukan pengorbanan.

Keuletan para pembina atau pelatih didalam membimbing atlet merupakan proses jangka panjang yang memiliki beragam tantangan dan hambatan, sehingga perlu dikondisikan secara sadar, terarah dan terukur.

“Oleh karena itu terobosan-terobosan terhadap berbagai alternatif pembinaan perlu dirancang sejak dini dan dilaksanakan secara benar, berjenjang dan berkesinambungan,” sebutnya.

Sebelumnya Plt. Kadis Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Aceh Tengah, Zulfan Diara Gayo dalam laporannya menyampaikan bahwa, Turnamen Catur Piala Bupati merupakan rangkaian Multi Event perhelatan keolahragaan di Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2021.

Ditegaskannya, dengan adanya kegiatan Multi Event dan Single Event yang dilakukan pihaknya, dapat menambah wawasan dan semangat bertanding para atlet daerah. Disamping juga menjadi ajang untuk persiapan kematangan atlet daerah dalam menghadapi event-event atau kejuaraan olahraga dalam skala yang lebih besar.

Dalam gelaran turnamen catur yang direncanakan berlangsung selama 4 (empat) hari hingga tanggal 4 Oktober 2021 kedepan, diikuti oleh 74 orang peserta.

Mereka akan bersaing dalam katagori umum untuk memperebutkan kampiun 10 terbaik dan penjaringan atlet PRA PORA mewakili Kabupaten Aceh Tengah.

Pemenang Juara 1-4 akan diberikan hadiah berupa Tropi, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan. Sedangkan Juara 5-10, akan diberikan Piagam Bupati dan Uang Pembinaan. (REL)

Related posts