Nova Iriansyah: Membangun Daerah Tak Bisa oleh Pemerintah Saja

REDELONG: Plt. Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT  mengingatkan dalam membangun daerah tidak bisa oleh pemerintah saja. Namun dibutuhkan peran semua pihak, termasuk pihak swasta.

Hal tersebut ia ungkapkan saat memberikan sambutan dalam Hari Puncak Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (PIPMG) se-Aceh tahun 2019 bertempat di lapangan Umah Pitu Ruang Kampung Bale Atu Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah, Sabtu, (23/7/2019).

“ Saya mohon kepada semua Stakeholder, pemangku kepentingan, apakah itu pemerintah mulai pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan sampai kepada pemerintah gampong (Kampung) itu benar-benar bekerja sama, berkolaborasi bahu membahu membangun negeri ini”, tegas Plt. Gubernur Aceh ini.

Nova memberikan contoh saat ini saja, Indonesia kekurangan 11 Juta rumah layak huni di seluruh Indonesia, yang mampu dibangun oleh pemerintah hanya 15%. Selebihnya harus dibangun oleh swasta dan oleh masyarakat sendiri.

“Khusus untuk sektor swasta, saya mohon dukungan penuh dari sector swasta untuk menjadi lokomotif negeri ini, karena lapangan kerja terbesar itu ada pada sector swasta”jelasnya.

Nova menambahkan, sulit membawa skema Investasi besar, manufaktur misalnya dari luar atau dari Penanaman Modal Asing (PMA). Sulit karena dia harus untung, harus aman dan harus ada kepastian Hukum.

“Modal dan uang tidak akan masuk kalau mereka tidak untung, kalau tidak aman dan tidak ada kepastian hukum, nah sambil menunggu investasi besar terutama dari luar negeri dan dari luar provinsi, maka kita harus mampu mandiri. Berdiri diatas kaki sendiri, bekerja keras, investasi oleh putra dan putri Aceh sendiri “, tegas Nova mengingatkan.(Arsadi L)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!