Millennial Road Safety Festival di Bener Meriah Berlangsung Meriah

  • Whatsapp

REDELONG : Pelaksana tugas ( Plt) Seketaris daerah ( Sekda) Bener Meriah Khairun Aksa, SE. MM buka Festival Millennial Road Safety, yang diselengarakan Polres Bener Meriah. Rabu ( 6/3/2019 ) di lapangan hijau perkantoran Bener Meriah.

Dalam sambutanya Khairun Aksa menyampaikan, generasi milenial Indonesia saat ini telah mencapai 90 juta orang ( Bappenas, 2018). Sebagaimana diketahui generasi milenial memiliki karakteristik yang cenderung dinamis, individual, dan tidak begitu menyukai aturan. Ujarnya.

Read More

Lanjutnya, secara harafiah tidak ada demografi khusus dalam milenial. Namun, para pakar menggolongkannya berdasarkan tahun awal dan akhir. Penggolongan generasi terbentuk bagai mereka yang lahir pada 1981-1994. Karakteristik utama yang menjadi ciri dari generasi milenial adalah mereka yang sangat akrab dengan perkembangan elektronik atau biasa disebut gadget dan dalam keseharian tidak bisa lepas dari media sosial.

Khairun Aksa dalam kesempatan itu juga menuturkan, adapun visi, misi dan target kegiatan pada acara ini yaitu untuk membangun budaya tertib lalu lintas khususnya dikalangan generasi milenial, mewujudkan program keselamatan secara terprogram dan berkesinambungan, adanya peningkatan kualitas keselamatan dijalan dan menurunkan tingkat fatalitas korban laka, membentuk relawan lalulintas millenial Indonesia dan mempererat hubungan kedekatan antara polisi lalu lintas dengan generasi millenial. Sebutnya.

Plt Sekda Bener Meriah itu menambahkan, Badan pusat statistik ( BPS), 2018 menjelaskan bahwa kecelakaan di Indonesia mencapai 105,374 kasus pada tahun 2017, faktanya kecelakaan tersebut didominasi oleh kaum muda yang masih produktif, yaitu sebesar 55,6 % dan secara spesifik 28,12,% korban berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Tentu saja hal ini sangat mengkhawatirkan, karena akan mengurangi angkatan kerja dan mengancam potensi sumber daya kepemimpinan-kepemimpinan nasional di masa depan. Ditambah lagi pada dekade berikutnya, bangsa Indonesia akan masuk era bonus demografi, yang secara mayoritas angkatan kerjanya akan berasal dari generasi millenial.

Untuk itu, perkumpulan pergerakan kebangsaan ( PGK) menggagas diadakan acara millenial road safety millenial Indonesia, yang didukung penuh oleh kepolisian. Acara ini merupakan agenda sosialisasi tertib lalu lintas sebagai upaya peningkatan dan pengokohan persatuan bangsa dilalangan generasi muda.

Acara ini di desain dengan menyesuaikan kebutuhan kaum millenial. Mengingat pentingnya lalu lintas sebagai urat nadi kehidupan yang mana masyarakat dapat hidup, tumbu, dan berkembang jika memiliki produtivitas hidup dari aktivitas kesehariannya, dan hal tersebut tidak akan terlepas dari mobilitas keseharian melalui infrastruktur lalu lintas, sehingga dibutuhkan sistem lalu lintas yang tertib dan lancar untuk menciptakan rasa nyaman, anam dan keselamatan.

Senam massal yang diikuti 1500 peserta yang terdiri dari pelajar, kepala SKPK, TNI, dan ibu Bayangkari dalam Festival Millennial Road Safety di Bener Meriah || Foto: Gona

Sebagai cermin budaya sebagai sefleksi tingkat kesadaran dan tanggung jawab serta kedisipilinan masyarakat sebagai pengunan jalan terhadap keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas.

Dan sebagai cerminan tingkat modernitas untuk menunjukan kepekaan dan kepedulian untuk menciptakan lalu lintas yang aman, tertib, lancar, secara prima yang berbasis IT.

Secara keseluruhan acara ini diadakan selain menjadi ajang sosialisasi tertib lalu lintas, juga bertujuan untuk mengelorakan rasa persatuan dan kesatuan terhadap generasi muda bangsa, khususnya kalangan generasi millenial.

Dalam acara milenial road safety ini juga, generasi milenial akan diberikan pengetahuan tentang hakikat bahasa, keanekaragaman, dan kearifan lokal bangsa. Selain itu juga akan memberikan mengedukasi generasi muda Indonesia guna meningkatkan solidaritas dan persatuan bangsa. Tutup Khairun Aksa.

Dari pantauan media ini, festival Millennial road safety tersebut berlangsung meriah dan diwarnai dengan gerak jalan santai yang dilepas Kapolres Bener Meriah AKBP Fahmi Irwan Ramli, serta senam massal yang diikuti 1500 peserta yang terdiri dari pelajar, kepala SKPK, TNI, dan ibu Bayangkari. ( Gona)

  • Whatsapp

Related posts