Mendagri Janji Terbitkan Permendagri Pembuatan E-KTP dan KK Satu Jam Mesti Selesai

JAKARTA:Carut marutnya penataan Administrasi Kependudukan, terutama dalam pembuatan KTP elektronik atau e-KTP yang begitu lama, terutama daerah telah menjadi persoalan yang merugikan rakyat.

Presiden RI Joko Widodo, dalam rapat terbatas membahas penataan administrasi kependudukan. Dia meminta kepada Mendagri Tjahjo Kumolo agar pembuatannya tidak lebih dari 1 jam.

Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Terbatas di kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/4) siang, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) berjanji akan segera menerbitkan Peraturan Mendagri (Permendagri) untuk menegaskan batas waktu dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau Kartu Keluarga (KK).

“Dalam minggu ini, saya akan segera mengeluarkan Permendagri yang nantinya akan menegaskan bahwa pembuatan KTP elektronik baik di Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) pusat maupun di Dinas Dukcapil kabupaten atau kota seluruh Indonesia, pembuatannya maksimum 1 jam mesti selesai,” kata Tjahjo kepada wartawan usai mengikuti Rapat Terbatas tersebut.

“jika di daerah ada gangguan komputer error atau masalah listrik padam bisa menjadi pertimbangan untuk lebih waktunya. Blankonya sudah ada kok”jelas Mendagri.(Wien Pengembara)