Melihat Loket Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kantor Camat Bandar

REDELONG : Dalam rangka memaksimalkan dan mempermudah pelayananan terhadap masyarakat, Camat Bandar terapkan sistem pelayanan terpadu satu pintu.

Penerapan pelayanan terpadu satu pintu, selain memperpendek rentang kendali, dan mempermudah segala urusan masyarakat. Juga dapat menerapkan pelayanan tercepat. Hal tersebut disampaikan Camat Bandar Rais Abidin Kamis ( 14/2/2019 ).

Menurutnya, loket pelayanan satu pintu itu akan memudahkan masyarakat dalam menyelesaikan urusan masyarakat seperti administrasi, perijinan dan rekomundasi yang dibutuhkan masyarakat dapat secepatnya diproses dan diselesaikan.

” Untuk urusan admistrasi dan perijinan Insya Allah satu hari bisa kelar, sementara untuk urusan yang lainnya 15 menit bisa selesai “, sebut Rais Abidin.

Selain Pelayanan satu pintu, di Kecamatan Bandar juga telah dibentuk Balai Konsultasi Desa Membangun ( Balkondes), balai tersebut bertujuan untuk menanggani keuangan desa serta membinanya.

Rais Abidi menjelaskan, loket pelayanan terpadu satu pintu baru dibuka tanggal 1 Pebruari yang lalu, dan untuk fasilitasnya sendiri cukup minim. Pihaknya berharap kepada Pemerintah daerah dapat memberikan fasilitas agar penerapan pelayanan terpadu satu pintu ini dapat semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang perima terhadap masyarakat.

Sementara untuk Balkondes, menurutnya hanya ada satu-satunya di Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah di seluruh Indonesia

” Tujuan dengan adanya pelayanan satu pintu dan Balkondes, kecamatan bandar dapat tumbuh lebih maju dan berkembang serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat ” jelasnya.

Rais Abidin juga mengatakan, Kecamatan bandar terdiri dari 35 Kampung dan dibagai menjadi 5 kemukiman adalah merupakan kecamatan nomor dua penduduk terbanyak se-Kabupaten Bener Meriah, dimana sejauh ini kecamatan bandar didiami 26,500 jiwa.

Sementara itu salah satu masyarakat Kampung Pondok Ulung Erdiyanto ( 30 ), menuturkan, alhamdulilah dengan dibukanya loket pelayanan satu pintu masyarakat tidak lagi merasa kesulitan untuk mengurus segala keperluan yang berurusan dengan kecamatan. Ungkap Anto.

Menurut Anto, yang perlu ditingkatkan kedepanya adalah fasilitasnya agar yang memberikan pelayanan kepada masyarakat juga dengan mudah dapat menyelesaikan segala proses. Karena dengan adanya dukungan fasilitas dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal lagi. Tutur Anto. ( Gona)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!