Melepas Penat ke Gunung Leuser

BLANGKEJEREN: Jenuh dengan rutinitas sehari-hari dan ingin melepas penat untuk mencari inspirasi? Jika anda ingin itu semua salah satu pilihannya anda bisa mengunjungi Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Hutan hujan tropis Sumatra yang sangat kaya dengan keanekaragaman jenis flora dan faunanya memiliki banyak spot lokasi wisata alam yang dapat dikunjungi.

Pemandangan yang asri, menghirup oksigen sehat,  dengan mata air jernih, udara segar, panorama hutan yang hijau dan asri sangat bermanfaat untuk kesehatan badan, mendinginkan mata dan menyegarkan pikiran.

Tak hanya itu, keindahan alur sungai, kesejukan udara, keunikan tumbuhan dan atraksi satwa serta kesenian budaya masyarakat lokal yang kesemuanya akan memberikan kesan dan pengetahuan baru bagi yang mengunjunginya.

Taman Nasional Gunung Leuser telah dinobatkan oleh UNESCO  sebagai salah satu Situs Warisan Dunia di Asia pada tahun 2004.

Kalau soal penginapan anda tak perlu khawatir di Ketambe  yang masuk dalam kawasan Aceh Tenggara. Disini menyediakan penginapan-penginapan dengan harga terjangkau. Disini anda juga bisa menyewa guide-guide berpengalaman. Disini juga terdapat Stasiun Penelitian Ketambe.

Stasiun Riset Ketambe sendiri adalah laboratorium alam di Taman Nasional Gunung Leuser yang disebut sebagai stasiun tertua di Indonesia sejak 1971.

Jika ingin mendaki puncak gunung Leuser,  anda bisa mulai dari Kedah yang berada di Gayo Lues, tak jauh dari Ketambe. Kedah merupakan salah satu pintu masuk untuk menuju puncak Leuser, disini juga tersedia peninapan untuk para pendaki. Penginapan ini bernama Rainforest Lodge Kedah yang dikelola oleh Mr Jali.

Pendakian ke Puncak Leuser  membutuhkan biasanya antara 10 -14 hari perjalanan, jadi persiapan harus matang sebelum pendakian. Bagi Anda yang baru mengunjungi tempat ini akan kesulitan untuk menentukan rute perjalanan yang akan diambil. jadi disarankan untuk Anda menggunakan Pemandu lokal untuk bisa mengantar Anda menikmati keindahan alam Gunung Leuser. (Wien Pengembara)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!