Masjid Al Jihad Terbesar di Takengon Pada Zamanya, di Dalamnya Terdapat Sumur Tua

  • Whatsapp

Kabargayo.com, Takengon; Di pinggiran sungai Pesangan, tepatnya di Desa asir-asir, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah terdapat sebuah masjid dengan bangunan kayu masih terlihat kokoh. Konon masjid yang diberi nama Al Jihad itu didalam satu ruang terdapat sumur tua.

Masjid yang dibangun pada masa kolonial Belanda itu saat itu menjadi tempat ibadah terbesar. Bangunan masjid diperkirakan berdiri di tahun 1929. Sampai saat ini masjid tua itu masih digunakan untuk menjalankan ibadah sholat lima waktu oleh masyarakat setempat.

Luas masjid Al Jihad mempunyai luas sekitar 25×25 meter persegi, dengan kapasitas tampung sekitar 800 jamaah. Masjid yang dibangun dengan swadaya masyarakat dari berbagai desa, tentu mempunyai nilai sejarah.

Kekokohan masjid tua itu sampaai saat ini masih terlihat, karena dibangun dengan kayu pilihan dengan empat buah tiang kayu besar dibagian tengah. Sampai saat ini bangunan tidak banyak berubah, hanya dibeberapa waktu polesan warna yang diganti.

Kubah masjid juga tidak sama seperti kubah masjid umumnya yang berbentuk bulat meruncing ke atas. Tetapi, kubah masjid Al Jihad sama dengan kubah Masjid Demak, di Jawa Tengah.

Menurut penuturan warga sekitar ting-tiang penyangga berasal dari pengunungan daerah sekitar, seperti; kawasan Lancuk Laweng, Kampung Asir-asir, Pantan Terong serta Toweren.

“Tiang-tiang kayunya dibawa dari beberapa tempat. Ada yang dari kawasan Lancuk Leweng, Kampung Asir-Asir, ada juga dari Kampung Kenawat, Pantan Terong, dan Kampung Toweren,” ungkap Zul warga sekitar Asir-asir, (23/4).

Kekokohan bangunan masjid Al Jihad yang dibangun pada masa Belanda, lain itu keunikan lain didalam masjid terdapat sumur berukuran kecil, dimana airnya tidak pernah surut, pada setiap musim.

Oleh sebagian masyarakat sering kali mengambil air yang berada di masjid tadi yang diyakini untuk tawar, bila ada keluarga yang kurang sehat. Warga yang datang tidak hanya dari penduduk lokal bahkan dari pesisir Aceh. (KG45)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.
  • Whatsapp

Related posts