LSM Pukes Desak Plt. Gubernur Aceh Panggil Lima Kepala Daerah Terkait Masalah Gajah

Koordinator LSM Pukes, Drs. S zetha

REDELONG: Persoalan gajah yang memasuki pemukiman warga di Kecamatan Pintu Time Gayo mendapatkan sorotan dari aktivis LSM di Bener Meriah.

Koordinator LSM Pukes, Drs. S. Zetha menyebutkan usaha dan langkah Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dalam menyelesaikan konflik gajah dan manusia selama ini dengan melakukan pembuatan Barir dan Penghalauan Gajah untuk keluar dari pemukiman warga, belum dapat menyelesaikan masalah, Kamis (16/1/2020).

Ia memaparkan konflik gajah dengan warga setempat telah terjadi sejak tahun 2011 yang lalu sampai saat ini dan telah menimbulkan korban jiwa dan kerugian yang besar. Baik kerusakan rumah dan kerusakan hasil – hasil pertanian.

Untuk itu lanjutnya, dalam penyelesaian konflik gajah dan manusia di wilayah ini haruslah bersifat menyeluruh yang melibatkan Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, Bireuen, Pidie Jaya dan Aceh Utara.

Ia mendesak Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, untuk memanggil lima kepala daerah di Kabupaten tersebut untuk duduk bersama membahas hal ini dan menetapkan kawasan khusus untuk habitat kawanan Gajah.

” Plt Gubernur Aceh harus segera menyelesaikan dengan tuntas konflik Gajah dan Manusia ini, agar tidak lagi menimbulkan korban jiwa dan kerugian yang lebih besar, hal ini sungguh sangat mendesak” kata S. Zetha. (Arsadi)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!