Kuliah Umum di IAIN Takengon, Wamen Agama, Zainut Tauhid Ajak Umat Selalu Bersama Jaga Kebersamaan Antar Agama

Wamen Zainut Tauhid memberikan kuliah umum dihadapan Dekan dan Mahasiswa IAIN Takengon. (foto-kabargayo)

Kabargayo.com Takengon; Kuliah umum Wakil menteri Agama Dr.H.Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon berlangsung sederhana. Dihadiri Rektor Dr. Zulkarnain, M.Ag, Bupati Shabela Abubakar dan mahasiswa serta civitas akademik kampus.

Wakil Menteri Zainut Tauhid dalam kuliah umum dengan tema “Penguatan Strategi Pembelajaran Moderasi Beragama Pada PTKI”, menekankan betapa indahnya perbedaan yang menyatukan umat dalam beragama.

Read More

Wakil Menteri Zainut Tauhid, terlihat belum merasa lelah dengan perjalanan jauh dari Jakarta mendarat di Bandara Malikul Saleh Lokseumawe. Sesekali dirinya melihat pesan WhatsApp di waktu sengang, maklum kegiatan yang padat di Ibu Kota mengharuskan dirinya mengontrol melalui alat telekomunikasi.

Dihadapan para Dekan IAIN, Zainut mengajak semua yang hadir agar menjalankan rasa saling percaya antara sesama. Ini harus dilakukan agar kehidupan Indonesia yang plural hidup damai dan saling membantu agar hidup semua bisa sejahtera.

“Kondisi saat ini sudah benar, hidup saling berdampingan dengan semua umat. Jangan ada perbedaan antara satu dan lainya, kita satu rasa Indonesia, ” kata Zainud Tauhid yang hadir di Aceh Tengah menutup PTQ RRI Nasional Ke-52.

Menurut Zainud saat ini Agama visa meneguhkan nilai-nilai Pancasila. Semua harus yakin, jangan buat gerakan-gerakan berlebihan yang membuat ketidak nyamanan umat.

“Sungguh perbedaan yang telah menyatukan umat di negara kita saat ini. Ini sungguh semua kebahagian kita,” lanjut Zainut.

Zainud berharap jangan ada kelompok berbicara agama tapi tidak pada substansi sesungguhnya, dengan gerakan-gerakan berlebihan.

“Kita harus hargai berbedaan antar sesama. Diluar negeri mereka tidak bisa hidup rukun seperti kita,” ujar Zainut Tauhid berbicara dengan kelakar untuk membuat suasana hangat, (16/4)

Wamen Dr. H. Zainut Tauhid didampingi Rektor Dr.Zulkarnain disambut hangat Wakil Rektor II Lukmanullhakim dan Civitas akademik kampus. (foto-kabargayo)

Zainut sempat memberikan contoh suku-suku lain di Afganistan yang tidak pernah akur. “Selalu ada saja pertikaian,” kata Zainut sambil mengatakan Agama untuk untuk perdamaian bukan untuk ancaman.

Sebelum Wamen Agama memberikan kuliah umum, Rektor Dr. Zulkarnain, M.Ag mengucapkan selamat datang kepada Zainut Tauhid. Zulkarnain dalam pertemuan singkat di Kampus Induk IAIN jalan Yos Sudarso itu, berharap kepada Zainud bisa mempertimbangkan IAIN menjadi UIN.

“Harapan kami semua masyarakat Gayo begitu Pak Wamen. IAIN adalah satu kampus yang berada di wilayah tengah Aceh, membutuhkan perhatian pusat dari semua lini. Perjuangan ini juga didukung oleh Pak Bupati, Shabela Abubakar,” ungkap Rektor Dr.Zulkarnain penuh harap.

Keduanya antara Wamen Zainut dan Rektor Dr.Zulkarnain sempat berbalas pantun saat memulai penyampaian didepan mahasiswa dan dekan, menambah suasana penuh keakraban dalam suasana puasa ramadan.

Bupati Shabela Abubakar juga menyampaikan hal yang sama, dukungan untuk IAIN menjadi UIN, “Semoga bisa terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama,” pinta Shabela Abubakar. (KG45)

Related posts