Komunitas Tari Guel Dibentuk

Pengurus Tari Guel Aceh Tengah (Photo/Kabargayo)

Kabargayo.com, Takengon: untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap budaya di tanah Gayo, sejumlah pegiat kesenian tradisional membentuk komunitas tari guel di Kabupaten Aceh Tengah.

Komunitas Tari Guel itu telah dinotariskan pada 12 Januari tahun 2022 ini, komunitas tersebut dibentuk atas dasar kepedulian para pelaku seni Tari Guel untuk menjaga warisan khasanahnya dan kelestarian Tari Guel itu sendiri.

Read More

Zul Fadli di tunjuk dan dipercayakan sebagai ketua Komunitas Tari Guel. Ia menyebutkan terbentuknya komunitas tersebut diharapkan bisa menjadi wadah yang kuat bagi para pelaku tari guel untuk menjaga ke orsinilan tarian dari segala aspek kehidupan dari tantangan zaman modern.

“Kemajuan zaman modern di anggap menjadi ancaman bagi para pelaku Tari Guel dan generasinya sehingga perlu adanya komunitas yang mampu menjaga warisan budaya secara turun temurun di masyarakat gayo,” tutur Zul Fadli kepada awak media, Rabu 12/01/2022.

Selain Banyak keistimewaan yang dimiliki tari guel, komunitas itu memiliki misi mempopulerkan kembali tari guel dikalangan umum baik untuk lokal maupun luar daerah.

Zul Fadli juga mengajak generasi milenial agar ikut berperan serta dalam melestarikan seni budaya daerah, khususnya berupa tari-tarian. Aktivitas rutin komunitas ini adalah melakukan latihan tari, meskipun belum ada jadwal secara khusus.

“Apabila akan tampil pada sebuah event, termasuk juga mengikuti lomba atau festival tari, maka akan dibuat jadwal latihan secara khusus. Untuk mengisi kekosongan biasanya anggota Komunitas ini berkumpul untuk menyusun penggarapan konsep tarian,” terang Zul Fadli.

Komunitas Tari Guel sudah memiliki sekretariat di Jalan Mess Time Ruang, Kampung Kemili Kecamatan Bebesen, kabupaten Aceh Tengah. (KG31)

Related posts