Siswa Semayoen Nusantara Dilatih Ilmu Jurnalistik

REDELONG: Sejumlah santri yang juga merupakan siswa dari SMPT dan SMAS Semayoen Nusantara dilatih seputar ruang lingkup ilmu Jurnalistik dalam Pelatihan Jurnalis Siswa, acara ini berlangsung dua hari sejak, Senin 15 hingga 16 Oktober 2018.

Bertempat di SMPT Semayoen Nusantara, di hari pertama para peserta dilatih dasar-dasar  ilmu jurnalistik juga yakni teknik menulis berita, menyunting berita, teknik wawancara. Sementara di hari kedua, para peserta diajarkan  menulis artikel seperti opini dan Essay dengan diberikan tugas-tugas menulis.

Eva Andayani, S.Pd, Pasilitator kegiatan ini  mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Sekolah Berbasis Pesantren (SBP) di Pesantren terpadu tersebut.

“Tujuan pelatihan ini selain membekali siswa tentang ilmu jurnalistik juga bertujuan untuk merangsang kemampuan menulis siswa serta membentuk forum jurnalistik siswa. Diharapkan bakat dan kemampuan siswa untuk menulis semakin terasah, sehingga mereka dapat menuangkan kreativitas mereka terutama dalam menulis baik Mading sekolah, blog maupun mengirim tulisan ke media bahkan menjadi seorang jurnalis”kata Eva Andayani, yang juga  guru di SMPT Semayoen Nusantara.

Sebagai pemateri dalam pelatihan ini, Arsadi Laksamana S, Sos Pemred Media Online Kabargayo.com dan juga anggota Aliansi Jurnalis Independent (AJI) dan salah satu wartawan di dataran tinggi Gayo yang lulus Uji Kompentensi Jurnalis (UKJ) dengan jenjang Wartawan Utama.

Eva Andayani menjelaskan, pelatihan ini juga merupakan salah satu bentuk penguatan karakter siswa dalam program SBP yang sedang diterapkan di SMPT Semayoen Nusantara. Sebelumnya juga telah dilakukan pelatihan penulisan Rencana Program Pembelajaran dengan penguatan unsur PPK (penguatan pendidikan karakter), latihan dasar kepimpinan siswa, strategi menjawab soal dengan cepat dan kegiatan lainnya

 “Dengan terbiasa menulis  karakter siswa yang cerdas dan kreatif akan terbentuk semakin kuat yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi  perkembangan siswa itu sendiri, bagi dari segi pembelajaran maupun dari segi kemandirian”ujar Eva Andayani.(Wien Godank)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!