Kapal Api Bangun Pabrik Processing kopi di Bener Meriah dan Gayo Lues?

JAKARTA:Usai Rapat Koordinasi  terkait reforestasi lahan  di Markas Dewan Ketahanan Republik Indonesia, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Abdul Hafilfuddi, Bupati Bener Meriah Ahmadi, SE., Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru dan Direktur Utama persahaan “Kapal Api” Soedomo Mergonoto melakukan pertemuan lanjutan guna membahas Program Reforestasi di Aceh, Rabu (6/6/2018).

Selepas buka Puasa, pertemuan yang berlangsung di salah satu warung kopi di Jakarta tersebut membahas keseriusan Perusahaan Kapal Api untuk membangun industri pengolahan kopi yang secara langsung di utarakan pemiliknya dalam Rakor Reforestasi di Sekretariat Dewan Ketahanan Nasional.

Pangdam Iskandar Muda selaku inisiator yang menggaet Kapal Api untuk berinvestasi di bumi Gayo, menuturkan bahwa kerja sama yang dilakukan ini adalah upaya untuk membuat industri manufaktur di Bener Meriah dan Gayo Lues, tentunya akan menyerap lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan juga meningkatkan harga kopi karena langsung di beli oleh industri besar.

Dirut Utama Kapal Api Soedomo Mergonoto membeberkan rencana Investasi yang akan ia lakukan, “Saya akan bangun pabrik processing kopi di Bener Meriah dan Gayo lues, lahan yang saya butuhkan untuk tahap awal sekitar 20 hektar, dan pabrik itu nantinya hanya membeli dan menampung kopi dari petani, jadi kami tidak akan berkebun, yang berkebun tetap petani, akan tetapi kita akan bantu dana”. Ucapnya optimis.

Bupati Ahmadi dan Bupati Muhammad Amru menyambut antusias rencana Kapal Api untuk berinvestasi di dataran tinggi Gayo ini, kepada media Ahmadi, SE mengungkapkan “ini adalah langkah baik untuk Kabupaten Bener Meriah yang merupakan penghasil kopi Arabika Gayo terbesar setelah Aceh Tengah dan Gayo Lues, karena secara otomatis harga kopi yang dibeli oleh Kapal Api bisa lebih tinggi dan pabrik tersebut akan menyerap tenaga kerja, selain itu akan ada transfer teknologi pengolahan kopi yang akan di tularkan oleh Kapal Api kepada para pelaku home industri bubuk kopi di Bener Meriah”.(REL)