Hujan Deras, Banjir Bandang Hantam Kawasan Kampung Paya Dedep

TAKENGON: Banjir bandang menerjang kawasan Kampung Paya Dedep yang terletak di Kecamatan Jagong, Kabupaten Aceh Tengah, diperkirakan guyuran hujan yang deras menyebabkan debit air meningkat dan memicu banjir bandang, Jumat, (9/11/2018).

Dari penuturan warga setempat, banjir bandang menghantam Kampung Paya Dedep, sekitar pukul 16-00 Wib, sore. Sungai yang mengalir di kawasan Kampung Paya Dedep turut membawa lumpur, batu dan gelondongan. Jarak antara sungai dan pemukiman warga lebih kurang 100 meter.

Informasi yang berhasil dihimpun oleh Kabargayo, hingga berita ini ditulis, diperkirakan belasan hektar kebun warga yang terdiri dari kebun kopi dan palawija
terendam lumpur akibat luapan banjir bandang. Salah seorang anggota Tagana di Jagong Jeget, Ahmad Irfani kepada wartawan mengatakan data sementara yang mereka peroleh dua rumah warga juga ikut terendam. Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Sebagian warga lebih memilih mengungsi sementara karena khawatir banjir bandang terus terjadi. Sementara itu, sebagian warga melakukan gotong royong untuk mengalihkan aliran luapan air sebagai bentuk antisipasi untuk menghindari dampak yang lebih besar. Pihak terkait masih melakukan pendataan kerusakan akibat musibah ini.(Wien Pengembara)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!