Global Tiger Day, Masyarakat Diajak Lestarikan Harimau Sumatera

BANDA ACEH: Komunitas Tiger Heart Aceh memperingati Global Tiger Day, atau perayaan Hari Harimau Sedunia, berdampingan dengan event Car Free Day di Banda Aceh tanggal 29 Juli 2018. Komunitas Tiger Heart Aceh, dibentuk pada awal Februari 2018, adalah jaringan volunteer Forum Harimau Kita yang berkomitmen untuk mengkampanyekan isu konservasi Harimau Sumatera.

Salah satu kegiatannya adalah merayakan Global Tiger Day, perayaan tahunan pada tanggal 29 Juli untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap konservasi harimau.

Kampanye peringatan Global Tiger Day ini dirayakan dengan tema “ Kearifan lokal untuk Konservasi Harimau Sumatera “ melalui hashtag #ScienceNatureCulture.

Tema tersebut ditetapkan oleh Forum Harimau Kita untuk keg iatan Global Tiger Day tahun ini. Tiger Heart Aceh mengadakan kegiatan-kegiatan seperti marching, kontes foto, melukis untuk anak-anak SD, dan lain lain di booth mereka saat Car Free Day. Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE.Ak, MM., dan Staf Ahli Gubernur Aceh bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan, Ir. Iskandar Syukri, MM, MT,
juga ikut meramaikan kegiatan Tiger Heart Aceh ini

“Harimau Sumatera adalah salah satu satwa ikonik dunia yang status konservasinya dikategorikan “Kritis” oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Harimau Sumatera juga satwa yang mempunyai peran besar dalam melindungi jasa-jasa ekosistem yang kita nikmati sekarang, seperti air dan udara yang bersih. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap konservasi Harimau Sumatera” ungkap Cut Ervida Diana, koordinator Tiger Heart Aceh.

Tiger Heart Aceh berharap dari kegiatan ini, masyarakat Aceh lebih peduli terhadap isu konservasi Harimau Sumatera, dan juga akan aktif berpartisipasi untuk melindungi habitat Harimau Sumatera.

Tiger Heart Aceh juga berterima kasih atas dukungan dan kolaborasi dari Forum Harimau Kita (FHK), Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh, Forum Konservasi Leuser (FKL), WWF-Sumatera Program, Forum Jurnalis Lingkungan, Komunitas Earth Hour, dan doodle Art. Tiger Heart Aceh juga berterima kasih kepada komunitas-komunitas dan murid sekolah-sekolah yang hadir untuk kesuksesan kegiatan Global Tiger Day ini. (REL)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!