Disdukcapil Laksanakan Simulasi SOP Pelayanan

REDELONG : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) adalah merupakan salah satu Dinas pelayanan yang melayani masyarakat secara langsung, hampir setiap harinya ratusan masyarakat selalu menggurus berbagai kepentinngan dokumen Kependudukan.

Guna untuk lebih memudahkan alur pengurusan, Disdukcapil bekerjasama dengan PKPM Aceh dan Redelong Institut laksanakan pelatihan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan. Senin (26/3/2018).

Muhammad Ridho Program Maneger PKPM Aceh menyampaikan, melanjutkan kegiatan penyusunan SOP Pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil pada minggu yang lalu, hari ini kita laksanakan simulasi membuat 1 (satu) berkas dapat membuat tiga dokumen diantaranya Kartu Keluarga ( KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akta Kelahiran.

” Simulasi yang dilaksanakan berjalan dengan baik dan lancar, bahkan dalam satu berkas bisa membuat tiga dokumen dengan jangka waktu tidak sampai satu jam”.

Menurutnya, dengan adanya SOP Pelayanan masyarakat yang mengurus dokumen yang dibutuhkan lebih dimudahkan serta waktu menunggu kapan siap dokumen tersebut akan jelas. Kata Muhammad Ridho.

” Jika SOP pelayanan sudah diterapkan, masyarakat tidak harus menunggu berjam-jam bahkan berhari-hari menunggu dokumen mereka siap dibuat. Kalau syarat-syaratnya lengkap dan jaringan internet lancar. Papar Muhammad Ridho.

Dia mengatakan, terkait SOP Pelayanan ada 14 SOP yang akan disusun. Sejauh ini sedikitnya 10 SOP sudah disusun dan itu nanti tinggal penandatangan dan dengan Dinas terkait. Sebutnya. (Gona)