Disdukcapil Bener Meriah Layani Penerbitan KIA Keliling

REDELONG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) Kabupaten Bener Meriah dalam upaya meningkatkan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil di lingkungan Kabupaten Bener Meriah, lakukan pelayanan keliling yang mengunakan mobil layanan.

Kepala Dinas Disdukcapal Bener Meriah Ikhwanul Hakim, SE yang didampingi Seketarisnya M. Tamin, S.Pd saat dikonfirmasi awak media diruang kerjanya Jum’at 10 Agustus 2018 menyampaikan, dalam menerbitkan Kartu Indetitas Anak ( KIA ) Disdukcapil telah melaksanakan pelayanan keliling dengan mengunakan mobil pelayanan.

“ Sejak beberapa hari kebelakangan ini disdukcapil telah melayani penerbitan KIA di Kecamatan Permata, dan penerbitan KIA tersebut akan terus dilaksanakan di Kecamatan lainnya di Bener Meriah dengan pelayanan mengunakan mobil pelayanan keliling “, tutur Ikhwanul Hakim.

Lebih jauh Ikwanul Hakim mengatakan, penerbitan KIA tersebut seharusnya sudah dilaksankan sejak bulan Juli 2018 yang lalu, namun karena ada beberapa hal baru sekarang dilaksanakan.

Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil itu menambahkan, bagi anak yang berusia 0 tahun sampai dengan 17 min satu atau sebelum memiliki KTP, harus memiliki KIA. Karena KIA adalah merupakan salah satu status hukum anak-anak , walaupun setiap anak telah memiliki sertifikat Akta kelahiran.

” KIA itu penting dimiliki bagi setiap anak yang berusia dari 0 tahun samapi 17 tahun, untuk itu kita mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar berpartisipatif terhadap pentingnya penerbita KIA “ pinta Ikhwanul Hakim.

Senada dengan Kadisnya Seketaris Disdukcapil Bener Meriah M. Tamin menambahkan, untuk Kabupaten Bener Meriah saat ini tersedia 38 ribu keping KIA, dan di Provinsi Aceh baru Bener Meriah yang melaksankan penerbitan KIA. Tegasnya.

M. Tamin lebih lanjut mengatakan, untuk belangko KIA itu, Kabupaten Bener Meriah memperolehnya secara cuma-cuma ( Gratis ), karena Bener Meriah mendapat penghargaan dari Dinas Kependudukan Pusat pada tahun 2016 atas pencakupan Akta kelahiran, dimana pada saat itu Kabupaten Bener Meriah meriah terbaik pertama se-Aceh dan peringkat ke-11 tingkat Nasional. Papar M. Tamin. ( Gona )

SHARE