Darwati Resmikan Gedung Empu Beru Bener Meriah

REDELONG : Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Provinsi Aceh Darwati A. Gani meresmikan Gedung Empu Beru di Kabupaten Bener Meriah yang telah dibangun pada tahun 2016. Jum’at (16/3/2018).

Dalan laporanya Nurhasanah Ahmadi Ketua TP-PKK Bener Meriah menyampaikan, Gedung Empu Beru ini adalah merupakan Kantor untuk Dekranasda Bener Meriah dan PKK.

Dia mengatakan, alasan mengapa gedung wanita tersebut di beri nama Empu Beru, karena, Empu Beru merupakan tokoh pahlawan wanita dari tanah Gayo, selain itu, Empu Beru juga ahli hukum. “Kenapa kami namai gedung wanita ini dengan nama Empu Beru, kami ingin wanita di Bener Meriah ini sekuat dan setegar Empu Beru.” Ujar Nurhasanah.

Ketua TP-PKK dan Dekranasda Kabupaten Bener Meriah itu berharap, dengan adanya gedung Empu Beru itu, kedepannya bisa menambah energi para pengurus TP-PKK dan Dekranasda Bener Meriah dalam menuntaskan program PKK hingga ke desa-desa.

Sementara itu Bupati Ahmadi, SE dalam arahannya menyampaikan, berharap agar gedung baru tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, “jangan nanti gedung ini hanya digunakan sebagai tempat ngerumpi, pamer lipstick, pakaian, tapi gunakanlah gedung ini sebagai sarana ibu-ibu dalam membantu pemerintah daerah dalam peran sosial, memberi masukan, motifasi dan tidak terkecuali dukungan.”pinta Ahmadi.

Ahmadi, juga meminta, gunakan tempat tersebut sebagai sarana untuk menyusun program-program sosial, sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang, bahwa, PKK membantu pemerintah dalam visi, misi sosial, “artinya ada kegiatan-kegiatan sosial yang tidak mampu dapat pemerintah daerah itu tentunya harus disport dan dukungan dari para ibu-ibu. Maka dari itu kami berharap agar gedung ini dapat digunakan secara maksimal.” pinta orang nomor satu Bener Meriah itu.

Ketua TP-PKK dan Dekranas Provinsi Aceh Darwati A. Gani sebelum meresmikan Gedung Empu Beru itu menyampaikan, Kabupaten Bener Meriah adalah daerah yang paling dia senangi, karena memiliki alam yang begitu indah, dan hawanya yang sejuk.

“Saya sangat menyukai alam Bener Meriah, adat istiadanya, terutama yang paling saya sukai adalah pakaian dan tenunannya (Kerawang Gayo-red) yang memiliki corak yang begitu indah, dan pakaian tenunan khas dari Gayo ini sering saya gunakan tidak hanya didalam daerah tapi hingga keluar negeri.”kata Darwati yang disambut tepukan tangan dari seluruh undangan.

Terkait peresmian Gedung Empu Beru, Ketua TP-PKK dan Dekranas Provinsi Aceh itu menyampaikan, rasa bangganya kepada Bupati Bener Meriah yang telah memberikan respon yang sangat baik kepada para pengurus TP-PKK Bener Meriah dengan dibangunnya gedung wanita tersebut.

“Saya berharap kepada pengurus TP-PKK dan Dekranasda Kabupaten Bener Meriah untuk memanfaatkan gedung ini dengan sebaik-baiknya, dalam menjalankan 10 program PKK bersama pengurus PKK dan Dekranasda lainnya, diharapkan mampu memberikan motivasi dan menggugah kesadaran masyarakat agar terlibat aktif dalam kegiatan PKK dan Dekranasda di Bener Meriah. Sebutnya.

Lanjutnya lagi, apa lagi saat ini PKK sudah diperkuat dari Peraturan Menteri dalam negeri nomor 1 tahun 2013 dengan peraturan Presiden nomor 99 tahun 2017 tentang Gerakan PKK. Untuk itu tim pengerak PKK mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas untuk melaksanakan 10 program PKK. Papar Darwati. (Gona)