Bursa Inovasi Kampung Tahun 2018 Berlangsung di Bener Meriah

REDELONG : Plt Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi membuka kegiatan bursa inovasi kampung Tahun 2018 di gedung serba guna Dinas Sosial Kabupaten Bener Meriah, Kamis (20/12/2018)

Dalam sambutannya Tgk. H. Sarkawi mengharapkan akhir dari acara bursa inovasi kampung nantinya ada pengayaan kepada para reje kampung dan petue kampung terkait masalah peningkatan, pelayanan di desa masing-masing.

“Tentunya nanti hal tersebut akan disampaikan oleh pemateri-pemateri dari pihak yang berasal dari provinsi Aceh, dan Kabupaten Bener Meriah atau pihak strategis lainnya yang akan mengayakan pemahaman kita terkait dengan masalah dana desa, dan segala hal lainnya terkait pelayanan desa.”ujar Plt Bupati tersebut.

Plt Bupati Tgk. H. Sarkawi dalam kesempatan itu juga menyampaikan rasa bangganya, karena Pemerintah pusan memberikan dua penghargaan kepada Pemerintah Bener Meriah.

“Yang pertama adanya penghargaan dari pihak Bapenas atas inovasi yang dilakukan di Bener Meriah berupa petugas BPRK, petugas registrasi kampung, karena dianggab membantu mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang pengadministrasian kependudukan, baik akte kelahiran, kematian dan catatan-catatan sipil lainnya.”kata Abuya.

Kemudian pihak Ombudsman juga memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Bener Meriah sebagai kabupaten yang baik didalam melakukan pelayanan publiknya, “mudah-mudahan ini adalah motivasi bagi kita kedepan untuk terus membenahi pelayanan-pelayanan kita kepada masyarakat,”harapnya.

Sebelumnya Kadis BPMK drh. Sofyan dalam laporannya menyampaikan, bursa inovasi kampung tersebut diadakan selama satu hari penuh di gedung serga guna Dinas Sosial Bener Meriah.

Maksud diselenggarakannya bursa inovasi kampung ini kata Sofyan, untuk menjembatani kebutuhan pemerintahan kampung akan pilihan solusi bagi penyelesaian masalah serta inisiatif atau alternative kegiatan pembangunan kampung dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

“Adapun tujuan diselenggarakannya acara ini, mendisiminasikan informasi pokok terkait program inovasi kampung dan hibah dana kampung, menginformasikan rencana kegiatan penyelenggaraan pengelolaan, pengetahuan dan inovasi kampung kepada pemangku kepentingan ditingkat kabupaten/kota, kecamatan, dan kampung.

Serta menginformasikan pelaku yang terlibat dalam pengelolaan pengetahuan dan inovasi kampung ditingkat kabupaten, kecamatan, dan kampung, memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang dikampung dalam menyelesaiakan masalah dan mendukung peningkatan kualitas pembangunan, dan sebagai ruang konsultasi kampung dengan penyedia pelayanan kapasitas teknis desa ataupun kampung,”ucapnya.

Hasil yang diharapkan tambah Kadis BPMK Bener Meriah itu, terdisiminasikan informasi penting terkait program inovasi kampung kepada para pemangku kepentingan, terbagunnya dukungan dan kerjasama dari pemangku kepentingan, baik, pemerintah daerah, kecamatan, serta kampung atau desa dalam penyelenggaraan bursa inovasi kampung ditingkat Kabupaten Bener Meriah pada umumnya.

Adapun peserta yang turut serta dalam acara bursa inovasi kampung berjumlah sebanyak  647 orang peserta, yang berasal dari perwakilan dari tim inovasi kabupaten, tenaga ahli pemberdayaan masyarakat, perwakilan kampung yaitu reje kampung, petue kampung, pendamping desa, pendamping lokal desa, perwakilan kecamatan dari 10 kecamatan, tim pelaksana inovasi kampung. (REL)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!