Burhanuddin Pengusaha Muda Bener Meriah Ikuti Pameran Expo Di Amerika dan Canada

REDELONG : Burhanuddin pengusaha muda asal Kampung Kenawat Redelong, Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. Turut menghadiri Specialty Coffee Association (SCA) Coffee Expo di Seattle Amerika pada 19 -22 April 2018, dilanjutkan dengan Coffee Promotion Event di Vancouver, Kanada pada 24 dan 25 April 2018.

Ke ikut sertaan Burhan pada ajang Pameran Expo yang digelar di Dua Negara itu, adalah merupakan perwakilan dari Koperasi Redelong Organik ( REO). Salah satu Koperasi dari lima koperasi dari Aceh yang menjadi peserta Pameran Expo tersebut.

Pengusaha muda dari Kenawat Redelong itu, merupakan sarjana lulusan dari salah satu perguruan tinggi di Medan Sumatera Utara. Semenjak dari kecil, Burhan memang telah dikenalkan dengan komuditi Kopi oleh orang tuanya M. Salim, LBA salah satu pengembang kopi di dataran tinggi Gayo.

Salim panggilan akrab orang tua Burhan, pernah bekerja di LTA dan PPKGO sebuah perusahan yang pengekspor kopi ke luar negeri.

Salim sendiri cukup berpengalaman dengan bidang Komuditi andalan Masyarakat Gayo itu, sehingga sampai sekarang dia masih menjadi ” Guru Kopi” yang masih aktif membina Pengusaha kopi yang mau belajar dengannya.

Mungkin bakat dan penglaman Salim telah ditularkan kepada Burhan, sehingga Burhan sangat berperan penting pada Koperasi Redelong Organik yang memiliki 4 Kampung binaan diantaranya ; Kampung Kenawat Redelong, Bukit Wih Ilang, Gunung Teritit, dan Kmpung Paya Dalu.

Burhanuddin : “saya dari kecil memang sudah diajarkan oleh ayah tentang bagaimana cara menanam, merawat, serta cara mengolah kopi, sampai saya tumbuh besar, saya masih mengembankan ilmu yang di ajarkan oleh ayah saya. Kata Burhan.

Bersama rombongan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi, Burhanuddin mempromosikan Kopi Gayo Spesiality. Dengan tujuan mempromosikan kopi Gayo (Indonesia) di pasar Canada.

Dalam kesempatan itu, Burhanuddin, membawa sejumlah sempel kopi untuk ditampilkan dan dibagikan selama acara di vancouver, BC. (Gona)