Bahas Kawasan Nilam di Bener Meriah Sarkawi Temui Plt Gubernur

  • Whatsapp

REDELONG: Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menemui Plt. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT guna menindaklanjuti pertemuan Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi, Wakil Kepala BINDA Aceh, Kakanwil Bea dan dan Cukai Aceh serta perwakilan Unsyiah Banda Aceh terkait infrastruktur dan mengenai prospek Nilam Aceh di Kabupaten Bener Meriah di Opproom lantai dua Setdakab setempat Jum’at, 25/10/2019 yang lalu.

Pertemuan antara Bupati Bener Meriah dengan Plt. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT dilangsungkan di Pendopo Wakil Gubernur di Banda Aceh, Selasa, 5/11/2019 Malam.

Read More

Dalam pertemuan tersebut Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi terlebih dahulu memaparkan tentang kondisi Bener Meriah, “Produk Nilam sebetulnya sudah ada sejak lama di dataran Tinggi Tanoh Gayo, puluhan tahun yang lalu khususnya diderah Kecamatan Pintu Rime Gayo tepatnya di KM 40, itu sudah lama dikenal sebagai tempat produksi Nilam di Bener Meriah”, ujar Bupati Tgk. H. Sarkawi.

Lanjut Bupati, ketika Reformasi bergulir, harga pasar dan konflik ketika itu meenurun, sehingga tanaman Nilam tersebut agak tertinggal, karena kodisi tanah yang ada disitu itu tidak cocok untuk tanaman kopi Arabica, oleh sebab itu kita berusaha untuk mencarikan solusi untuk masyarakat setempat, agar mereka bisa bersaing dan bersanding dengan saudara-saudara mereka yang ada dikecamatan lain dalan Kabupaten Bener Meriah, ujar Bupati.

Disamping itu Bupati juga menyampaikan, Bener Meriah juga mempunyai lahan seluas 4.610 hektar untuk lahan peternakan, 160 hektar itu sudah di Qanunkan, kalau ada investor dari luar yang ingin menanamkan investasinya di Bener Meriah, kita sudah siap untuk itu, kata Abuya Sarkawi.

Sementara Plt. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT seusai pertemuan itu mengungkapkan, malam ini (Selasa, 5/11 – Red) kita sudah dapatkan skemanya, yaitu, lahan dan keuangan, lahannya kita sudah punya, lahan atau lokasinya telah disiapkan dan disediakan oleh Pemkab Bener Meriah, selanjutnya keuangan, kita akan bicarakan dengan pihak terkait seperti perbankan, kata Plt. Gubernur.

Acara pertemuan tersebut juga diikuti oleh Kakanwil Beacukai Aceh yang membicarakan tentang peluang membawa investor ke Aceh, Bupati Aceh Jaya terkait suksesnya ekspor CPO Perdana, perwakilan Unsyiah, Kadis Pertanian dan Pangan Bener Meriah Ir. Abadi serta undangan lainnya. (REL)

  • Whatsapp

Related posts