Asesten II Bener Meriah Buka Acara Pemilihan Duta Lingkungan

REDELONG : Sedikitnya 21 Perserta tingkat Sekolah Menengah Atas ( SMA) sederajat di Kabupaten Bener Meriah ikut seleksi Duta Lingkungan, yang diselengarakan Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Kabupaten Bener Meriah. Senin ( 28/5/2018) di Aula Sekdakab setempat.

Pemilihan Duta Lingkungan tersebut di buka Asesten II Bidang Ekonomi Pembangunan Abdul Muis, SE. ST yang mewakili Bupati Ahmadi, SE.

Pelaksana tugas ( Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bener Meriah Ahmad Ready, SP dalam sambutanya menyampaikan, pemilihan Duta lingkungan tahun 2018 dengan tema ” Aksi nyata generadi muda untuk meledtarikan alam dan lingkungan hidup kita”.

Ahmad Ready melanjutkan, dilaksanakanya acara ini untuk mencari sosok figur generasi muda yang dapat dijadikan contoh teladan dalam kepeduliannya terhadap lingkungan sekaligus sebagai pelopor peduli untuk pelestarian lingkungan hidup secara mandiri yang akan tersaring lewat wahana ini. Sebutnya.

Plt Kadis Lingkungan hidup itu berharap, acara tersebut dapat menjadi salah satu media kampanye untuk lingkungan guna meningkat rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan khususnya bagi generasi muda. Hal itu guna untuk menyelmatkan kelestarian flora dan fauna di daerah Kabupaten ini. Tegasnya.

Sebelumnya dalam laporanya ketua panitia pelaksana Salawati, SP menyampaikan, kegiatan pemilihan duta lingkungan adalah merupakan program rutinitas yang dilaksanakan setiap tahun.

” Secara berjenjang seleksi Pemilihan duta lingkungan akan dilaksanakan tingkat Kabupaten, Provinsi, dan sampai tingkat nasional ” tuturnya.

Lanjutnya Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bener Meriah itu menuturkan, adapun peserta yang mengikuti seleksi ini berjumlah 24 orang yang merupakan perwakilan dari pelajar tingkat SMA sederajat Se-kabupaten Bener Meriah.

Namun, peserta yang melakukan daftar ulang hanya 21 peserta sementara 3 peserta tidak hadir.

Salawati juga menuturkan, seleksi ini akan dilaksanakan dalam tiga sesi yakni, sesi wawancara dengan persentase nilai 60 persen, sesi tes tulis 30 persen, dan sesi karya tulis 10 persen. Untuk pemenang akan mewakili Bener Meriah dalam seleksi duta lingkungan tingkat Provinsi Aceh dan juga diharapkan dapat lolos sampai tingkat Nasional. Pintanya.

Sementara itu Bupati Bener Meriah dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Abdul Muis, SE, MT mengapresiasi kegiatan pemilihan Duta Lingkungan Hidup ini, dengan harapkan dapat menjadi acara ajang pengembangan kreativitas, kepedulian, kecintaan dan wawasan generasi muda terhadap lingkungan. “Masalah lingkungan hidup merupakan masalah bagi kita bersama, berbagai kasus kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup yang terjadi telah membuktikan terjadinya degradasi lingkungan, ini menunjukkan bahwa perlunya ada komitmen dan kesadaran semua pihak untuk menerapkan dan menjalankan prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan dan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah memiliki komitmen untuk itu”, Abdul Muis

Menyangkut tentang hasil seleksi Duta Lingkungan, Kata Abdul Muis, siapapun yang terpilih nantinya untuk mewakili Bener Meriah ke jenjang berikutnya agar dapat berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mengharumkan nama daerah penghasil kopi Arabika Gayo terbaik dunia ini dan bagi yang belum beruntung bersabar dan tetap juga peduli terhadap lingkungan hidup. ( Gona)