36 Tim Ibu Ibu Berlomba Arung Jeram di Lukup Badak

Tim arung jeram ibu ibu tengah berupaya memenangkan perlombaan Fun Rafting Festival (Photo/Kabargayo)

Kabargayo.com, Takengon: Merajut silaturahmi sekaligus menikmati wisata adalah tujuan digelarnya kegitan Fun Rafting Festival di lokasi arung jeram Sungai Peusangan Lukup Badak, Pegasing Aceh Tengah.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 36 tim dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi vertikal dan ibu-ibu dari forum Reje Kecamatan Pegasing. Masing masing tim adalah sebanyak 7 orang.

Read More

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Tengah, Jumadil Enka mengatakan, kegiatan tersebut dibungkus dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Takengon yang ke-445. Bahkan, pemenang dari lomba itu akan diserahkan pada malam resepsi.

“Kegiatan ini digelar selama dua hari. Total hadiah yang kita siapkan sebesar Rp15 Juta untuk 4 kategori. Penyerahanya nanti, bukan setelah acara selesai,” kataJumadil Enka dalam laporanya, Selasa 15 Februari 2022. Ia menyebut, sumber anggaran kegiatan itu lewat dana Doka.

“Event ini juga bekerjasama dengan Koperasi Jasa Wisata Alam Gayo yang menjadi operator arung jeram Lukup Badak. Acara ini khusus untuk kaum ibu,” timpalnya lagi.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, sungau Peusangan yang berhulu di Danau Lut Tawar punya potensi yang bagus dalam peningkatan pariwisata.

“Hanya saja saat ini, terjadi kerusakan secara masif. Sebagai contoh, di Danau Lut Tawar kini ada alat tangkap yang namanya Cangkul Padang dan Pukat Dorong, yang kita khawatirkan menggangu populasi ikan terutama ikan endemik Danau kebangaan masyarakat Gayo itu,” sebutnya, sembari menambahkan pihaknya butuh dukungan semua pihak agar hal tersebut dapat segera ditertibkan.

Terkait Takengon Fun Rafting Festival, Shabela mengatakan sensasi berarung jeram bisa meningkatkan imun tubuh, lantaran olahraga ini sangat baik bagi kesehatan.

“Awalnya kita akan merasa takut, namun setelah dicoba punya kepuasan tersendiri yang dapat meningkatkan perasaan senang hingga imun tubuh juga bisa meningkat,” katanya. (KG31)

Related posts