17 Kabupaten di Aceh Rebut Piala Bupati Aceh Tengah Cabor Pentaque

17 Kabupaten/Kota di Aceh Ikut andil rebut Piala Bupati Aceh Tengah Cabang Olahraga Pentaque (Photo/Kabargayo)

Kabargayo.com, Takengon: Sebanyak 17 Kabupaten/kota di Aceh ikut andil dalam memperebutkan piala Bupati Aceh Tengah dan tuan rumah Pra Pekan Olahraga (Prapora III) dalam Cabang Olahraga (Cabor) Pentaque tahun 2021. kegiatan tersebut berlangsung di lapangan Musara Alun Takengon, Rabu 22 September 2021.

Kabupaten Kota yang ikut dalam olahraga asal Negara Prancis itu adalah, Gayo Lues, Kota Sabang, Kota Lhokseumawe, Pidie Jaya, Aceh Timur, Aceh Utara, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Besar, Simeulu, Aceh Singkil, Bireun, Aceh Selatan, Aceh Jaya, Kota Langsa, Aceh Barat dan Banda Aceh.

Read More

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh Tengah Zulfan Diara Gayo mengatakan, jumlah tim yang ikut 29 tim, terdiri dari Putra 16 tim dan putri 45 tim. “Yang masuk event sudah masuk babak delapan final, semuanya 90 atlit” terang Zulfan Diara.

Lebih lanjut kata dia, Prapora tahun 2021 diikuti sebanyak 20 Kabupaten/kota di Aceh, namun minus Subussallam, Abdya dan Pidie. Ketiga Kabupaten ini tidak ikut andil lantaran didampuk sebagai tuan rumah PORA.

“Jumlah Manajer, atlit, Official dan pelatih sebanyak 275 orang,” papar Zulfan Diara sembari mengucapkan selamat datang di Negeri diatas awan Aceh Tengah, sekaligus promosi nikmatnya Kopi arabika Gayo.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengatakan, pelaksanaan multi event dan single event cabang olahraga Pentaque merupakan langkah maju pembinaan dan mengenalkan lebih luas cabang olahraga yang hadir ke Aceh sejak tahun 2015 itu.

“Cabor ini masih asing ditelinga kita, kami yakin banyak yang belum mengenal olahraga ketangkasan ini, meski belum tenar, pembinaan serta pengembangan suatu Cabor utlak dilakukan,” pungkas Shabela.

Katanya, meningkatkan prestasi olahraga didaerah diperlukan terobosan-terobosan dan harus melihat lebih jeli jauh kedepan terhadap berbagai macam alternatif pembinaan, baik dari Cabor yang telah ada, maupun Cabor yang belum begitu populer didaerah itu.

“Turnamen seperti ini dapat menjadi stimulan untuk lebih memasyarakatkan olahraga Pentaque khususnya di Aceh. Melalui turnamen ini nanti diharapkan akan melahirkan atlet handal yang mampu bersaing ditingkat lokal, nasional bahkan internasional. Apalagi turnamen ini dirangkai dengan Pra Pora, ini sangat membantu pemerintah daerah untuk mencari dan mempersiapkan atlet yang layak menjadi perwakilan,” pungkas Bupati Shabela Abubakar. (KG31)

Related posts