1 Muharram, Momentum Intropeksi Umat Muslim

Bagi umat Islam di seluruh dunia, 1 Muharram merupakan hari Istimewa, di hari ini adalah tahun baru Islam. Merujuk kepada penanggalan dalam Islam. Para pemeluk Islam di seluruh penjuru merayakan tahun Hijriah ini. Lazimnya pengajian, tablig akbar, ceramah, juga pawai obor yang biasanya melibatkan anak-anak.

Namun dibalik itu, 1 Muharram bukanlah hanya sekedar perhelatan akbar belaka ada momentum penting yang harus diresapi oleh umat Islam. Terdapat nilai-nilai agung dalam peringatan itu sendiri. Sejarah hijrah umat Islam dari Makkah ke Madinah tidak saja mengandung nilai sejarah perjuangan namun berisi nilai-nilai dan pelajaran berharga untuk perbaikan kehidupan umat secara pribadi dan kejayaan kaum Muslim pada umumnya.

Peristiwa hijrah merupakan peristiwa besar Hijrahnya Nabi Muhammad Saw dari kota Mekkah ke kota Madinah, momemtum ini adalah  perjalanan peradaban menuju Daulah Islamiyah yang membentuk tatanan masyarakat Islam. Hal tersebut terjadi dengan dimulai eratnya solidaritas sesama muslim yakni ukhuwah Islamiyah antara kaum Muhajirin dan kaum Anshar.

Ukhuwah Islamiyah Islam adalah hal yang sangat penting dan merupakan sebuah pondasi yang kokoh dalam kejayaan Islam. Sejarah mencatat dengan ukhuwah Islamiyah maka Islam dapat mencapai kejayaan dan menjadi rahmat kepada seluruh alam.  

Momentum 1 Muharram harus menjadi momentum intropeksi umat. Ukhuwah Islamiyah harus terus dibangun. Umat Islam  harus bersatu dan jangan mau dipecah-pecah, hanya untuk kepentingan politik untuk merebut kekuasaan.

Dalam ajaran Islam, seorang muslim berkewajiban untuk menjadikan hari yang dilaluinya selalu harus lebih baik dari hari-hari yang dilewatkannya sebelumnya. Setiap muslim dituntut untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari, jika tidak maka sangatlah merugi.

1 Muharram adalah awal untuk kembali merenung dan merancang hidup seorang muslim, mengubah prilaku, akhlak bukan hanya kepada orang lain disekitar namun kepada diri sendiri dan kepada Allah SWT.  Makna hijrah merupakan komitmen untuk tetap istiqamah melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya, untuk hidup yang lebih baik selamat dunia akhirat.**

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!