Zefri Nocivera: Masyarakat Jangan Takut Pertanyakan Transparansi Dana Desa

0

Zefri Nocivera

MEDAN:Pentingnya transparasi antar masyarakat dengan Pimdes sangat berpengaruh terhadap perkembangan desa. Dana desa adalah berkah namun sebaliknya bisa saja menjadi bencana jika tidak dikelola dengan tidak baik. Dana yang bahkan bisa mencapai milyaran akan berubah menjadi bencana jika peruntukannya tidak digunakan sebagaimana yang telah ditentukan  sesuai peraturan.

Hal tersebut disampaikan oleh Zefri Nocivera, ia menjelaskan selangkah lagi dana desa akan cair dalam waktu dekat ini, diharapkan kepada masyarakat desa jangan takut menanyakan transparansi penggunaan dana desa. 

“Menurut Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa Pemdes wajib membuat papan perincian dana dan jumlah dana desa serta pengeluaran dan wajib di publish agar masyarakat desa tahu penggunaaan dana desanya” Jelas Zefri Nocivera.

Ia menambahkan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014, penggunaan dana desa disebutkan diperuntukan untuk pembangunan sarana dan prasarana antara lain; pembangunan dan pemeliharaan jalan Desa, Bumdes, pembangunan dan pemeliharaan jalan usaha tani, pembangunan dan pemeliharaan embung Desa, pembangunan energi baru dan terbarukan, pembangunan dan pemeliharaan sanitasi lingkungan serta pemberdayaan masyarakat desa.

 “Kepala desa juga diharapkan untuk menjalankan tugas dan amanah sesuai dengan amanah Undang-Undang  Nomor 6 tahun 2014 tentang desa tersebut. agar tidak terseret ke ranah hukum” paparnya.(Suhardiman Asarga Linge)

Komentar Anda
SHARE