Wine Coffee Seladang Dipromosikan di Istanbul Turki

0

 

REDELONG: Juara 1 tingkat Nasional Temu Karya Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (PENAS KTNA) ke XV, Wine Coffee Seladang dipromosikan di Istanbul Coffee Festival, Turki yang akan mulai digelar pada 21 September 2017.

Pemilik Seladang Cafe sekaligus peracik dan pembuat Wine Coffee, Sadikin mengatakan di Festival Coffee yang dihadiri oleh para penikmat kopi dan lebih dari 150 para Buyer (Pembeli) di Turki itu dirinya selaku Barista yang ikut dalam delegasi dari Bener Meriah bersama rombongan Gubernur Aceh dan Bupati Bener Meriah akan menggelar atraksi berupa welcome drink.

” Bentuknya cupping dan manual brewing dengan berbagai varian salah satunya dari Seladang, Wine Coffee” Kata Sadikin.

Selain dirinya, para pelaku kopi Gayo yang ikut Istanbul Coffee Festival dari Bener Meriah, juga ikut Zuka Barista Grabi Cafe juga bersama Q Grader Mahdi Usati, ketiganya diberangkatkan dengan biaya yang ditanggung oleh Pemda Bener Meriah. Sementara dari Koperasi yang ikut adalah Koperasi Gayo Mandiri dan Redelong Organik, kedua koperasi ini berangkat dengan biaya sendiri.

Inovasi Sadikin dalam teknologi pengolahan hasil dan pemasaran produk kopi Gayo ini mendapat sambutan hangat dari para pencinta kopi dan diminati.

Inovasi ini didapatnya dari proses kajian setelah melalui proses fermentasi mulai pemilihan kopinya hingga proses pengeringan dengan perlakuan khusus, hasilnya didapat racikan kopi rasa anggur atau Wine Coffee. Penemuan ini baru pertama kali dan belum pernah ditemukan sebelumnya.

Bupati Bener Meriah, Ahmadi SE mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk promosi kopi Gayo agar makin dikenal di dunia dan diharapkan terciptanya MoU dan kontrak dari para Buyer (pembeli) yang ada di Turki dengan pelaku coffee di Bener Meriah. Selain itu untuk mengenalkan cita rasa khas kopi Gayo sehingga para pencinta kopi Gayo di Turki mengetahui rasa Kopi Arabika asli.

“Kegiatan ini dinilai sangat positif untuk menjamin kepastian harga kopi terutama kopi Gayo, karena seperti diketahui Turki adalah Negara dengan penikmat kopi terbesar di Eropa Tengah, mereka nikmati adalah kopi Arabika yang dari Bener Meriah, selama ini pasokan kopi bukan langsung dari kita tapi dari Eropa dan Amerika” kata Ahmadi. (Arsadi Laksamana)

Komentar Anda
SHARE