Wartawan AJNN dan Pimred AlA Post Isi Materi Pelatihan Jurnalistik di Bener Meriah

0

pelatihan jurnalistik 2REDELONG-Dua wartawan senior Bener Meriah,  Swandris Zetha, Pimpinan Redaksi Media Ala Post  dan Arsadi Laksamana Wartawan AJNN.net yang juga Ketua Balai Wartawan Bener Meriah (BAWAR-BM) berikan materi sebagai narasumber dalam pelatihan jurnalistik bagi guru dan siswa di Bener Meriah yang digelar oleh Dinas Pendidikan Bener Meriah melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah ( Dikmen ), Sabtu, (27/8/2016).

Pelatihan jurnalistik yang berlangsung di aula SMA Negeri I. Bukit selama tiga hari itu dari 26 sampai 28 agustus, diikuti oleh 44 peserta yang merupakan perwakilan dari setiap sekolah tingkat SMA di Bener  Meriah.

Swandris Zetha, yang merupakan wartawan senior di Bener Meriah dalam kesempatan tersebut memberi materi tentang sejarah dunia jurnalistik juga perkembangannya di Indonesia dan tentang Kode Etik Jurnalistik ” Meski pers dilindungi oleh Undang-undang, namun wartawan mempunyai kode etik yang harus dipatuhi, jika tidak maka wartawan bisa terjerat hukum”papar pria yang juga Pimpinan Redaksi Pena Post ini.

Sementara itu, Arsadi Laksamana memberikan materi tentang teknik menulis berita “Tidak ada teori yang benar-benar mujarab untuk menulis berita,  teori yang paling ampuh dalam menulis berita hanya ada satu, yaitu menulis dan teruslah menulis!, artinya dengan terus menulis keahlian menulis itu akan didapat”ujar wartawan yang pernah mendapatkan Anugerah Adiwarta pada 2008 lalu itu.

Selain Swandris Zetha dan Arsadi Laksamana, materi  juga diberikan oleh  Sukurdi, S.pd Kepala Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bener Meriah dan  Endang Maizar, S.pd Guru berprestasi tingkat Nasional.

Para peserta pelatihan terlihat  antusias, itu tampak dari terjalinya intraksi antara peserta dengan para narasumber, dimana para peserta terus mengajukan pertanyan tentang teknik membuat berita dan  bagaimana kode etik wartawan. ( Gona )

Komentar Anda
SHARE