Warga Pendatang Kecewa Masjid Agung Ruhama Tanpa Air, Politisi Fauzan, “Managemen Masjid Harus di Benahi”

  • Whatsapp
Politisi Partai PPP Fauzan (foto-Kabargayo)

Kabargayo.com, Takengon; Pendatang yang datang berwisata ke Aceh Tengah kecewa dengan kondisi terbatasnya sumber air bersih untuk bersuci di Masjid Agung Ruhama Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.

Malam pergantian tahun telah usai. Warga yang datang dari pesisir Aceh juga telah meninggalkan daerah dingin Gayo. Beberapa hari lalu ramai sangat pendatang, hingga penginapan penuh. Dan sebagian warga yang datang dari luar daerah terpaksa mengunakan balai tempat pengajian untuk beristirahat.

Namun sayang seribu kali sayang, air di lokasi Masjid kebanggan masyarakat Gayo itu tanpa air. Pengakuan ini disampaikan salah seorang pengunjung yang sempat merekam dan tempat memfoto kondisi Toilet tanpa air.

“Kami mengira ada air untuk membersihkan diri dan untuk berwudhuk. Namun sayangnya air tidak ada. Terpaksa kami urungkan niat untuk mencari lokasi lain untuk istirahat dan mencuci dan hal lain,” ujar warga dari daerah pesisir yang namanya engga di tulis.

Kejadian tadi sebenarnya bukan kali pertama, sudah beberapa kali terjadi namun pengurus masjid terbesar dan termegah di Aceh Tengah urung untuk memperbaiki dan membenahi masalah klasik air di rumah ibadah itu.

Terkait hal itu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten dari Partai PPP, Fauzan meminta bupati Aceh Tengah agar menegur keras pengelola dan dinas yanng membawahi masjid yang ada di Aceh Tengah ini.

“Masjid tempat menjadi satu lokasi wisata Religi di daerah manapun dan semua fasilitas dan kebutuhan warga harus di perhatikan. Kita tidak kekurangan air, tapi masyarakat luar mendatang mengeluhkan hal itu,” ujar Fauzan tegas.

Ujar Fauzan anggota Komisi D yang membawahi Dinas Syariat Islam, pihak dinas harus jeli melihat kebutuhan apa untuk satu masjid, apalagi untuk masjid kebanggan warga Takengon (Masjid Ruhama-red).

Kedatangan tamu dari luar Aceh Tengah, mengeluhkan masalah air di Masjid Ruhammah, “Ini sangat memalukan, dan kabarnya warga tadi sempat mengambil gambar dan membuat video terkait tidak ada air di masjid,” harap Fauzan untuk segera dibenahi managemen Masjid Ruhama. Kalaulah hanya masalah kekurangan air, bisa dibuatkan sumur Bor atau upaya lain.

“Kejadian ini semoga tidak terulang lagi kedepan. Dan Masjid dimanapun selalu menjadi salah satu kunjunngan religi untuk warga pendatang,” ujar politisi PPP Fauzan sambil mengatakan, seharusnnya pendatang nyaman berada di Dataran Tinggi Gayo ini. (KB45)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.
  • Whatsapp

Related posts