Usai Diperbup, Warga Aceh Tengah Yang Tak Pakai Masker Akan Dikenakan Sanksi

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah Jayusman (photo/kar)

KABARGAYO.COM, Takengon; Setelah Peraturan Bupati tentang wajib mengenakan masker ditempat-tempat umum dikeluarkan, warg Aceh Tengah yang tak mengenakannya akan dikenakan sanksi administri atau didenda.

Salah satu alasan terkait sikap tegas itu, karena Pemerintah Daerah akan membagikan masker sebanyak 200.000 untuk tahap pertama kepada seluruh masyarakat Aceh Tengah selain anak-anak umur 5 tahun.

Read More

Kepala dinas kesehatan Aceh Tengah mengatakan, sejauh ini peraturan mengenai wajib mengenakan masker itu hampir rampung, diprediksi capai 50 persen.

“Masih dalam bentuk draf rancangan, jika nanti disahkan akan ada sanksi, saat ini belum berani bertegas karena belum ada Perbup terutama di tempat umum,” terang Jayusman, Rabu (10/06/2020) di Takengon.

Utamanya kata dia, masyarakat yang masuk kantor, pasar dan supermarket akan ditindak jika tak mengenakan masker yang telah diberikan Pemerintah.

“Untuk menindaknya, kami akan rangkul petugas keamanan, sedangkan pembagian maskernya nanti ada dua tahap, setelah tahpa pertama dilakukan bagi warga yang belum dapat akan dibagikan ditahap kedua,” jelas Jayusman menyebut pengadaam masker itu dijahit oleh penjahit lokal dengan harga per masker Rp.7000.

Sebelum dipotong pajak, satuan masker itu harganya berkisar Rp.8000, serhingga akumulasi total anggaran pengadaan masker itu adalah Rp.2,1 Miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten.

“Launchingnya Perbup ini direncanakan berbarengan dengan launching Perbup New Normal, kalau tidak ada halangan hari Senin ini akan mulai dibagikan,” tutup Jayusman.(Kar)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts