Uji Publik Qanun PL2PB Bener Meriah di Bahas

0


REDELONG- Badan Perencana Pembangunan Daerah ( BAPPEDA ) Kabupaten Bener Meriah laksanakan uji publik tentang rancangan Qanun Perlindungan lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, Rabu ( 7/12) di Aula Bappeda setempat.
Guna meningkatkan kebutuhan pangan di Kabupaten Bener Meriah yang sbt ini kekurangan kebutuhan pangan mencapai 18 ribu sampai 20 ribu ton pertahun, Pemerintah daerah berupaya meningkatkan lahan Persawahan yang diusulkan seluas 2450 hektar, namun yang disetujui 760 hektar. Hal tersebut disampaikan Perwakilan Dinas Pertanian.

Dalam rancangan Qanun yang dibahas tersebut sedikitnya 3.509.396 Hektar luas lahan Sawah yang tersebar di delapan Kecamatan,  berdasarkan data tahun 2012 Dinas Pertanian namun pada saat itu data yang di ajukan hanyat data tabel. Kata Ramadani, ST. MT Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan.

” namun pada tahun ini data lahan persawahan tidak boleh mengunakan data tabel lagi, harus data geoternal” ujarnya.

Uji publik luasan lahan persawahan yang tercantum dalam rancangan Qanun mendapat reaksi dari beberapa peserta dari perwakilan Desa, pasalnya dibeberapa wilayah lahan persawahan sudah banyak beralih fungsi menjadi lahan pertanian lain. Seperti di Kecamatan Bukit, Bandar, dan Pintu Rime Gayo.

Para peserta yang terdiri dari Kepala Kampung dalam kesempatan tersebut meminta agar lahan persawahan ditinjau kembali.(REL)

Komentar Anda
SHARE