TMMD Ke 100 di Aceh Tengah Dibuka Bupati

TAKENGON : Nasaruddin MM Buka Acara Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 100 di Aceh Tengah, bertempat di halaman SDN 13 Takengon- Pegasing, Rabu (27/9) tepatnya di Kampung Lelumu Kecamatan Pegasing.
TMMD ke 100 tahun 2017 ini, selain melanjutkan program pembukaan akses jalan sepanjang 3.000 meter yang menghubungkan dua wilayah kecamatan yakni ruas jalan Gelampang Gading kecamatan Linge- Kampung Lelumu Kecamatan Pegasing sepanjang 22 Km dimana pada pelaksanaan TMMD ke 99 tahun 2016 lalu telah dilaksanakan dengan mengambil titik nol dari Kampung Gading sepanjang 2, 8 km. Tahun ini, pelaksanaan lanjutan pembukaan jalan mengambil tiik nol dari wilayah kampung Lelumu Kecamatan Pegasing dengan panjang 3 kilo meter dan lebar 12 meter.

Bupati Aceh Tengah Ir. Nasaruddin dalam acara pembukaan tersebut mengatakan program pembukaan jalan anternatip tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya para petani di kedua kecamatan tersebut, karena selain memperpendek jarak tempuh juga tingkat kerawanan ruas jalan berkurang terutama kecuraman maupun tikungan.

” Setelah melihat denah atau peta rencana ruas jalan anternatif yang dibuka tersebut selain jarak tempuh makin pendek juga cukup aman bila ditinjau dari tingkat kerawanan kecelakaannya” terang Nasaruddin dihadapan peserta upacara pembukaan TMMD ke 100 tersebut.

Dalam kesempatan itu, Bupati Aceh Tengah ini juga menyebutkan bahwa selain kegiatan fisik di acara TMMD tersebut juga dirangkai dengan kegiatan non fisik lainnya seperti pengobatan massal yang dilaksanakan secara gratis, penyuluhan pertanian, penyuluhan tata kelola keuangan dan pelaksanaan bazar, penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan.

Diakhir sambutannya, Nasaruddin menyatakan bahwa selain kegiatan fisik, beberapa item kegiatan non fisik yang dilakukan dalam rangka TMMD ke 100 ini, sangatlah penting dan diperlukan dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan masyarakat terutama dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman yang dapat membahayakan NKRI dari bahaya komunis maupun terhadap isu kemungkinan bangkitnya paham-paham yang bertentangan dengan ideologi bangsa Indonesia.

Selain memberikan apresiasi terhadap pengusaha bidang perdagangan yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan program pasar murah, Pak Nas juga mengharapkan partisipasi dan dukungan masyarakat di kedua wilayah kecamatan tersebut dalam menyukseskan program TMMD ke 100 yang diprakarsai oleh Kodim 0106 Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Selain Dandim 0106 AT/BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.IP dan jajarannya, upacara tersebut dihadiri ketua DPRK Aceh Tengah Ansharuddin Syarifuddin Naldin, Kapolres Aceh Tengah AKBP Hairajadi, Ketua MPU Aceh Tengah dan unsur Forkopimda lainnya, Kadis Pekerjaan Umum Aceh Tengah Erwin ST.MSi, Kadis Pertanian drh. Rahmandi, MSi, Ka. BPBD Aceh Tengah Tamrin dan Camat Pegasing dan segenap unsur Muspika, para camat ,inem mukim dan Reje kampung sekecamatan Pegasing.

Sementara pantauan media ini dilapangan bertindak selaku pembina upacara TMMD ke 100 tersebut Bupati Aceh Tengah Ir. Nasaruddin,MM sedangkan peserta upacara terlihat dari anggota TNI dan Polri, Satpol PP, Sencom BPBD Aceh Tengah dan perwakilan masyarakat kecamatan Pegasing ( REL).