Tingkatkan Ekonomi Perempuan, DPP- PA Aceh Gelar Pelatihan di Bener Meriah

0

REDELONG : Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPP dan PA) Aceh bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinis P3AKB) Bener Meriah gelar pelatihan untuk tingkatkan produksi dan manajemen, Selasa 10 Oktober 2017 di Aula Sekdakab Bener Meriah.
Mewakili Kepala Dinas PP dan PA Aceh Kabid Kualitas hidup perempuan dan Keluarga Dra. Sri Hardina menyebutkan, pelatihan ini akan dilaksanakan selama tiga hari, diikuti 60 peserta dari dua Kecamatan di Bener Meriah.

” Para peserta pelatihan masing-masing 30 orang dari Kecamatan Bandar tepatnya dari Kampung Puja Mulia , 30 dari Kecamatan Bukit dari Kampung Mutiara Baru “.

Menurutnya, sejauh ini kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Aceh sangat tinggi, bahkan di Aceh kita pernah menangani kasus trafficking perempuan. Untuk itu pada tahun 2017 kita fokus pada program three in plus. Paparnya.

Lebih lanjut disebutkannya, three in plus yang dimaksud diantaranya akhiri kesenjangan kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan perempuan ( trafficking), akhiri kesenjangan ekonomi kesejahteraan perempuan dan yang plusnya tingkatkan keterlibatan dan peran perempuan dalam parlemen.

Menurut Dra. Sri Hardina, secara global di Aceh keterlibatan perempuan di parlemen tahun 2014 menurun dari pemilu legislatif sebelumnya dimana pada tahun 2014 keterwakilan perempuan sebanyak 18,5 persen sementara sekarang hanya 17,9 persen. Tuturnya.

Dia menambahkan, di Provinsi Aceh sedikitnya ada 4 Kabupaten dan 10 titik yang ditunjuk untuk mengembangkan pilot projek pengembangan industri rumahan diantaranya Kabupaten Bener Meriah sebanyak 2 titik, Kabupaten Aceh Utara 3 titik, Kabupaten Aceh Barat Daya 2 titik, dan Kabupaten Aceh Timur 3 titik. Dan itu akan dibina selama tiga tahun kedepan.

Harapanya, Pemerintah Kabupaten juga turut berkontribusi untuk memberikan dukungan anggaran kedepannya, tentunya dengan adanya MoU dengan Pemerintah Provinsi, karena untuk sementara ini anggaran murni 100 persen dari provinsi. Hal itu agar kesejahteraan ekonomi perempuan meningkat. Sebutnya.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Bener Meriah Ahmadi, SE yang diwakili Asisten I bidang pemerintahan Drs. Muklis mengatakan, pemerintahan Bener Meriah sangat mendukung program ini.

” Pemerintah Kabupaten Bener Meriah akan mendukung program peningkatan industri rumahan, baik bersifat Produksi maupun manajemen. Karena bila baik pengelolaannya tentu pendapatan akan meningkat ” sebutnya (Gona )

Komentar Anda
SHARE