Tiga Puluh Enam Peserta Ikuti Workshop Membuat Soal USBN Ala Sagudetal

0

 

REDELONG : Sedikitnya 36 Peserta ikuti pelatihan/Workshop cara membuat soal ujian sekolah ( US) dan soal ujian sekolah berbasis nasional ( USBN) ala program Sagudetal, Sabtu 4 November 2017 di SMA Negeri I Bukit.
Menurut Aliminsutoyo, S. Pd Ketua IGI Bener Meriah, Workshop ini bekerjasama dengan Masyarakat Kerja Kepala Sekolah ( MKKS) tingkat SMA sederajat.

Aliminsutoyo menambahkan, program Sagudetal adalah merupakan program satu guru dua aplikasi digital, dimana pelatihan yang dilaksanakan pada hari ini adalah cara membuat ujian sekolah ( US) dan Ujian Sekolah Berbasis Nasional ( USBN). Kata Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Bandar itu.

Menurutnya, program Sagudetal ini bisa menggunakan Laptop dan HP Android, namun pengunaan program Sagudetal ini bila menggunakan laptop harus menggunakan Windows 2013 dan office 2010. Paparnya.

Kesulitan lainnya, dimana tiga Fasilitator dalam Workshop tersebut masih keterbatasan pengetahuan memaparkan dan meyakinkan peserta tentang program Sagudetal dengan membuat soal.

36 peserta adalah merupakan tim pembuat soal Se-kabupaten Bener Meriah. US dan USBM yang tergabung dalam MGMP.

Sementara itu Ketua penyelengara Workshop Sukardi, S. Pd dalam kesempatan tersebut mengatakan, dengan pelatihan ini para peserta mengikutinya secara serius, agar kedepannya tim pembuat soal dapat lebih berkompeten tuturnya.

” Jika hasil pelatihan ini belum maksimal, insya allah kedepannya kita akan melaksanakan pelatihan lagi dengan mendatangkan narasumber dari IGI yang sudah memahami program ini, seperti Efi Yunati ( guru SMA N 2 Bandar anggota IGI Bener Meriah) dan Dewi Susanti, S. Pd ( Guru SMA N 1 Pintu Rime Gayo). ”

Sukardi berharap, guna untuk memudahkan proses ujian nasional berbasis komputer ( UNBK) tahun 2018 nanti, diharapkan para peserta memahami program Sagudetal secara ” kaffah”, dan dapat meningkatkan kopetensi guru-guru termasuk igiers. Pintanya Ketua MKKS Bener Meriah itu.

Sementara itu, para begitu antusias mengikuti pelatihan. Walau tampak penat namun jari-jari terlihat sibuk memainkan keyboard Laptop maupun Android mereka guna mendapatkan hasil yang maksimal. (Gona )

Komentar Anda
SHARE