Tiga PNS Dinas Lingkungan Hidup Bener Meriah Terjaring OTT Saber Pungli

REDELONG: Diduga lakukan pungutan liar kepada pengusaha terkait rekomendasi perizinan, tiga oknum Pegawai Dinas Lingkungan Hidup Bener Meriah terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli Polres Bener Meriah, Jumat (2/2/2018).

Ketua Tim Saber Pungli yang juga Wakapolres Bener Meriah Kompol Jufri R SE M.Si didampingi Kasat Reskrim Polres Bener Meriah, AKP, Suparwanto, SH, MH dan Kasat Intel AKP M Nizar, SH, MH mengatakan, sejak awal pihaknya telah mencium dugaan pungli diluar ketentuan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bener Meriah.

Dalam OTT tersebut, pihaknya mengamankan SL beserta 2 orang rekannya yang berstatus PNS dan pihaknya juga menemukan uang sebesar Rp 3.025.000 yang disimpan di laci meja kerja serta buku catatan uang keluar masuk. “ Disitu tertulis semua catatan yang memberi dan peruntukan itu”sebut Wakapolres.

Ia mengatakan, ada 6 orang yang hingga saat ini sudah dimintai keterangan dan akan terus melakukan pendalaman terhadap kasus dugaan pungli yang dilakukan. “Mereka mengutip uang tersebut dari pengusaha, toko-toko obat, apotik, gas dan masih banyak toko yang ada di Bener Meriah yang dikutip” katanya.

Baca: Terkait 3 PNS Terjaring OTT, Bupati Ahmadi: Kita Tunggu Hasil Gelar Perkara

Wakapolres menjelaskan para pengusaha tersebut ingin melakukan pengurusan izin Amdal dan meminta rekomendasi dari dinas tersebut.” Itu tidak dibenarkan bahwa, meskipun mereka beralasan pemberian tersebut adalah sedekah yang mencapai Rp 1.000.000 -1.300.000,” katanya, seraya menambahkan apa yang dilakukan itu mengarah kepada korupsi atas perbuatanya, pelaku akan dijerat dengan Pasal 12 Undang-Undang Tipikor Nomor 20 (Uri).

SHARE