Tiga Pemuda Gayo Ikuti Asean Youth Forum di Kamboja

14074330_1436291116384707_834373872_o-1-640x480

TAKENGON-Tiga Pemuda Gayo bersama Sepuluh pemuda Indonesia terpilih menjadi peserta Asean Youth Forum (AYF) tahun 2016 diselenggarakan di Siem Reap, Kamboja 22-24 Agustus 2016. Sebelumnya forum serupa juga sudah diselenggarakan di Malaysia 2015.

Salah satu perwakilan Aceh dari Gayo, Aramiko Aritonang mengatakan, forum ini sangat penting guna menyuarakan realitas anak muda di Indonesia dalam forum regional. Isu-isu krusial seperti radikalisme anak muda, human traffiking akan di diskusikan serta mencari solusinya.

“Isu-isu tadi harus kita smpaikan dalam forum tersebut, serta mencari solusinya,” kata Aramiko Aritonang. Lanjut Aramiko aktivis dari Gayo ini, forum ini juga bertujuan untuk membangun jaringan antar kelompok anak muda di regional ASEAN untuk bisa bekerja sama.

“Kerjasama efektif antar anak muda di ASEAN akan memberikan kekuatan bagi aksi-aksi bersama dalam advokasi anak muda di tiap negara,“ ucap Khairil Tuah Miko pemuda  Gayo lainya. 

Seperti isu radikalisme anak muda menjadi sorotan penting, terutama karena saat ini jaringan terorisme atau radikalisme juga bergerak pada wilayah regional. “Mereka jaringan terorisme atau radikalisme juga bergerak pada wilayah regional dan ini penting untuk di bicarakan bagiamana cara mengantisifasi,” lanjut Aritonang.

Lain itu, persoalan Transparansi International (TI) juga menarik, karena isu-isu tentang korupsi yang hari ini sedang melanda negara-negara ASEAN dan telah membuat rakyat menderita, terutama di Aceh secara khusus. “Isu ini tidak kalah menarik dan mendapatkan perhatian serius dari forum,” terang pegiat LSM ini.

Peserta wanita dari Aceh lainya, Rahmayana Fitri Ketua delegasi Indonesia mengungkapkan, melalui pemberdayaan dan keterlibatan yang berarti, para pemuda dari seluruh penjuru kawasan Asia Tenggara dapat mendiskusikan masalah, dialog dengan berbagai pemangku kepentingan dan menentukan nasib mereka, sehubungan dengan isu-isu terkini.

Rahmayana menyambung, AYF 2016 bertujuan untuk memajukan kekuatan pemuda ASEAN untuk mempromosikan demokrasi yang lebih maju, hak asasi manusia yang lebih baik, kualitas hidup yang bermartabat serta tranparansi pemerintah terhadap publik. (Putra Gayo)

Komentar Anda
SHARE