Tiga Kampung KB Diresmikan di Bener Meriah

0

REDELONG : Bupati Kabupaten Bener Meriah Ahmadi, SE meresmikan tiga Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Rembele, Kecamatan Bukit, Rabu (15/11).

Tiga Kampung KB yang diresmikan oleh bupati tersebut adalah Desa Batin Baru, Kecamatan Bandar  sebagai Kampung KB Gelah Metuah, Desa Rembele, Kecamatan Bukit sebagai Kampung KB Asri, dan Desa Suka Makmur Timur, Kecamatan Wih Pesam sebagai Kampung KB Teratai.

Dalam kesempatan itu Bupati Ahmadi, SE menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah terus mendukung program pemerintah pusat, dan program tersebut terus diimplementasikan di pemerintahan paling bawah.

“Kita bersyukur dari 233 kampung yang ada di Kabupaten Bener Meriah ini, ada tiga kampung yang di bina secara langsung oleh pemerintah Provinsi Aceh dalam program Kampung KB nya.”ujar Bupati.

Lanjut Bupati kembali, maka Pemerintah Kabupaten Bener Meriah akan terus memberikan pembinaan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PP,PA dan KB) setempat.

Disislain Bupati Kabupaten Bener Meriah itu menjelaskan, sesungguhnya pemerintah bukan berpatokan pada dua anak saja, akan tetapi kata Ahmadi, bagaimana cara mengatur perencanaan dari anak pertama dan seterusnya terjadi turunwaktu yang  ideal. “Supaya kehidupan kita itu bisa lebih teratur, terukur, dan terarah, itu yang diinginkan oleh pemerintah. Maka mari kita sama-sama serius mengikuti program ini.”demikian Bupati Kabupaten Bener Meriah Ahmadi, SE.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas PP,PA dan KB dr. Elisa Lisik Miko dalam laporannya menyebutkan, tujuan Kampung KB secara umum adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung. “Tujuan khususnya dari Kampung KB adalah, meningkatkan peran pemerintah, pemerintah daerah, lembaga dan swasta dalam mempasilitasi melakukan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat agar turut berperan serta aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.”terangnya.

Lanjutnya, anggaran berasal dari sumber dana DPA Provinsi Tahun 2017. Peserta yang hadir pada kegiatan lounching Kampung KB lebih kurang 100 peserta.

Kepala BKKBN Provinsi Aceh yang diwakilkan oleh Kabid Advokasi pergerakan dan Komunikasi Faridah, SE. MM dalam kesempatan itu mengatakan, dengan di lounchingnya kampung KB di Bener Meriah, saat ini Provinsi Aceh telah memiliki 131 Kampung KB yang dilouncing pada Tahun 2017. “Mudah-mudahan Kampung KB yang di louncing hari ini bisa dikembangkan sebagai kampung KB percontohan.”harapnya.

Dijelaskan Faridah, keinginan pemerintah menetapkan kampung KB adalah salah satun wujut pemerintah untuk menetapkan daerah atau kampung miniature dari seluruh program lintas sector yang bisa dikembangkan untuk Kampung KBtersebut.(REL)

Komentar Anda
SHARE