Terkait Dana Desa, Wabup Khairul Asmara : Manfaatkan Juga untuk Kebersihan

0

TAKENGON- Besarnya dana desa yang digelontorkan oleh pemerintah pusat, sebagian dapat dialokasikan untuk dana kebersihan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Aceh Tengah, Drs H Khairul Asmara pada kesempatan membuka pertemuan advokasi, sosialisasi dan koordinasi lintas sektoral dan lintas program terkait penyakit kusta dan frambusia, Selasa (3/5) di hotel Mahara Takengon.

Menurutnya, kebersihan lingkungan menjadi penting untuk diperhatikan mengingat menyangkut dengan kesehatan seseorang.

"Sebagian besar penyakit bersumber dari faktor lingkungan yang kurang bersih," ucapnya.

Karena itu mencegah lebih baik daripada mengobati, sebutnya lagi.

Lebih lanjut Khairul juga mengutarakan, dari dana desa yang mencapai 800 juta per tahun, aparat desa kiranya dapat menggunakan sebagiannya untuk membangun sarana kebersihan, seperti fasilitas air bersih, MCK dan sarana lainnya.

"Saya mengajak agar kita lebih dekat dengan masyarakat, karena dengan demikian kita akan tau apa yang dibutuhkan oleh masyarakat," ujarnya.

Pelaksanaan sosialisasi dan koordinasi lintas sektoral dan lintas program ini merupakan kerjasama Dinas Kesehatan Provinsi Aceh dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah.

Selain dihadiri oleh petugas kesehatan di lingkungan Pemkab setempat, juga melibatkan ASN instansi terkait, para camat dan aparat kampung.

Komentar Anda
SHARE