Terkait Corona, Sekda Aceh Tengah; Jangan Anggap Remeh Himbauan Pemda

  • Whatsapp
Suasana rapat dengan pemerintah daerah dengan DPRK Aceh Tengah membahas virus Corona

Kabargayo.com, Takengon; Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Tengah Karimansyah berharap masyarakat setempat tak abai tentang himbauan terkait wabah Virus Corona yang kian meresahkan.

Read More

Pemerintah Aceh Tengah terus bekerja melalui himbauan-himbauan yang dipasang dibeberapa titik didaerah itu. Bahkan himbauan tersebut turut disampaikan melalui Media Sosial (Medsos).

“Tidak hanya kami yang gerah, semua kita gerah dengan virus ini, tidak ada kata terlambat menanggulanginya, pengalaman terlambat kini dialami oleh Italia, warganya anggap remeh, tidak menghiraukan himbau pemerintah, semoga ini tidak terjadi di Aceh Tengah,” kata Sekda di Gedung DPRK Aceh Tengah, Rabu (18/03/2020).

Artinya kata dia, pemerintah terus mengedukasi masyarakat Aceh Tengah bagaimana membiasakan berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Ini tidak hanya tugas eksekutif semata, semua anak negeri punya peran terkait virus ini. Kita harus mampu mengedukasi masyarakat, begitupun media, terus mengingatkan masyarakat bagaimana menghadapi virus ini, sehingga daya tangkal mengatasi penyakit ini kuat,” papar Karimansyah.

Lebih lanjut kata Sekda, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Polres Aceh untuk tidak mengeluarkan ijin keramaian didaerah itu.

“Jika sudah terlanjur disahkan tidak masalah, namun bagi ijin yang baru, kami harap dipertimbangkan,” pinta Karimansyah.

Terkait anggaran untuk menanggulangi virus Corona itu, Sekda memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah untuk mengalihkan anggaran kegiatan yang dianggap tidak terlalu penting. Sehingga anggaran itu dialihkan untuk mencegah dan menanggulangi virus tersebut.

“Tidak perlu disahkan oleh DPRK Aceh Tengah, jika dinas kesehatan dan jajaran butuh sesuatu kita akan plotkan langsung tanpa harus melalui mekanisme seperti biasa,” jelasnya.

Pihaknya terus bekerja. Bahkan untuk penutupan (Lock Down) kata dia, pihaknya tidak berwenang hanya kewenangan pemerintah pusat.

“Apakah secara nasional kita menjadi wilayah isolasi, itu nanti kita lihat perkembangan, daerah tidak berwenang untuk itu, untuk sementara hindari pertemuan besar, jika yang sudah terlanjur menghadiri pesta perkawinan silahkan periksakan diri, kita tidak bisa menjamin kita bersih, jangan merasa diri kita aman, jaga jarak,” Ajak Karimansyah.

Untuk diketahui,Hari ini DPRK Aceh Tengah menggelar pertemuan dengan Pemerintah Daerah membahas tentang penanggulangan virus Covid-19.(KAR)

Related posts