Tangani 3 Kasus Selama 2020, Kejari Aceh Tengah Selamatkan Uang Negara Ratusan Juta

  • Whatsapp
Kajari Aceh Tengah Nislianudin,SH (tengah) didampingi Kasi Pidsus Zainul Arifin,SH dan Kasi Pidum Dharma Mustika.SH saat menggelar press release dengan awak media (Photo/Kabargayo)

Kabargayo.com, Takengon: Selama tahun 2020 Kejaksaan Negeri Aceh Tengah berhasil selamtkan uang Negara sebesar Rp769.761.582 dari beberapa capaian kinerja bidang tindak Pidana Khusus (Pidsus) di Kabupaten berhawa sejuk itu.

Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tengah Nislianuddin mengatakan, dari ratusan juta rupiah yang diselamatkan itu dari tiga kasus yang berbeda.

Read More

Menurut Nislianuddin perkara yang terjadi di Aceh Tengah pertama terkait dengan MarkUp penimbunan tanah untuk lokasi pembangunan sekolah yang melibatkan 7 tersangka.

“Ketujuhnya sudah menjalani hukuman badan selama 1 tahun penjara dan membayar denda serta kerugian negara,” kata Nislianuddin, Selasa 08/12/2020 saat menggelar konfrensi pers dengan awak media.

Selanjutnya kasus dana Desa Pegasing, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, dua terpidana yang tengah menjalani hukuman selama dua tahun serta membayar denda dan  mengembalikan kerugian negara.

Satu lagi katanya, kasus dugaan korupsi yang sedang berjalan, terkait penyelewengan insntif guru TPA di Aceh Tengah yang dilakukan oleh Bendahara dinas syariat Islam.

“ini masih berproses, kami sudah menyita tanah dan rumah milik terdakwa, kami minta hakim segera menyita aset tersebut selanjutnya dilakukan pelelangan untuk membayar kerugian yang telah diselewengkan,” terang Nislianudin didampingi Kasi Pidsus Zainul Arifin, SH dan Kasi Pidum Dharma Mustika,SH.

Disampaikan Nislianuddin dalam capaian itu, kedepan ada empat kasus korupsi dana desa yang akan ditangani oleh pihaknya dan sudah “direstui” oleh kepala daerah setempat.

“Itu akan menjadi PR kami ditahun 2021 nanti, dan Insya Allah akan kami selesaikan dengan baik. Kalau ada mungkin kawan-kawan wartawan punya info terkait dengan dana Covid 19 kita akan tangani,” ujar Nislianuddin.

Menurut kejari, capian mereka dalam penanganan kasus ditahun 2020 mencapai target. Namun pihaknya akan bekerja lebih keras lagi untuk penyelamatan uang negara di tahun mendatang.

“Doakan kami bisa bekerja dengan baik dan profesional agar bisa berbaktii untuk negeri ini,” tutup Nislianuddin. (KG31)

Kabargayo.com menerima kiriman artikel dari pembaca, kirim ke email: beritagayo@gmail.com dengan biodata diri.

Related posts