Stres Akibat Pandemi, Kuda Aceh Tengah Latihan Bersama, Ketua Pordasi Zuhaidi; “Penonton Wajib Vaksin dan Prokes”

  • Whatsapp
Ketua Pordasi Aceh Tengah, Zuhaidi, SH. (Foto-Itn)

Kabargayo.com, Takengon; Esok hari para pecinta Kuda di Kabupaten Aceh Tengah sudah bisa bergegas menuju lapangan Belang Bebangka, Pegasing untuk menyaksikan langkah dan terap suara kaki kuda dengan pelana dan joki yang siap melatih kuda-kuda Gayo.

Tapi ingat, esok bukan pacuan kuda yang sesungguhnya seperti yang diadakan dalam satu tahun dua kali. Akibat wabah pandemi yang melanda pencuju dunia termasuk Aceeh Tengah, kali ini Kuda akan dilatih berjalan kembali. Dimana sebelum itu terlebih dahulu dilakukan vaksin bagi komunitas kuda di Aceh Tengah, dibawah Organisasi Pordasi.

Read More

Kegiatan esok dibalut dengan latihan bersama kuda-kuda pacu, dimana selama dua tahun ini tidak pernah melihat arena Belang Bebangka carena Covid-19. Ketua Pordasi Aceh Tengah, Zuhaidi, SH mengatakan sebelum kuda dilatih bersama. Sebelumnya akan dilakukan vaksin bagi pemilik kuda.

“Ini tentu kita semua tidak mengabaikan protokol kesehatan secara ketat tentunya,” kata Zuhaidi dengan senyum sumbringah.

Menurutnya Pacuan Kuda Tradisional yang tertunda selama ini membuat kuda-kuda pacu di Takengon, mengalami stres akibat tidak pernah turun kelapangan. “Ini juga tergangu secara fisik kuda karena tidak pernah di pacu,” ungkap Zuhaidi yang biasa disapa Didi.  

Kegiatan itu menurut Didi akan berlangsung selama empat hari mulai 23-26 Oktober 2021. “Kita melakukan ini tentu dengan dan atas dukungan semua pihak. Pacuan kuda ini olahraga rakyat dan di tonton oleh rakyat pula. Jadi semua pihak harus mensukseskan kegiatan ini,” ajak Didi.

Nanti menurut Didi, bukan hanya pemilik kuda yang di vaksin, namun penonton juga harus di vaksin, sebelum menonton latihan bersama itu. “Bukan hanya penonton yang kita wajibkan vaksinasi, pemilik kuda, panitia hingga anak kandang kita wajibkan sudah disuntik vaksin, minimal dosis pertama, dengan catatan membuktikan sertifikat vaksin,” kata Didi lagi. (KG45)

  • Whatsapp

Related posts