Standar Operasional Prosedur

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PERUSAHAAN
PT. KABAR GAYO MEDIA

acehimage.com

Kabargayo.com adalah salah satu media berbasis online yang diterbitkan secara profesional oleh sejumlah jurnalis yang berpegang teguh pada Undang-undang No 40 Tahun 1999, tentang pers Indonesia dalam menjalankan tugasnya wartawan kabargayo.com mendapat perlindungan hukum dari negara dan masyarakat serta perusahaan pers sebagaimana yang tertuang didalam standar operasional prosedur perlindungan wartawan yang ditetapkan oleh Dewan Pers.

Sebagai media profesional perusahaan memiliki standar operasional prosedur perlindungan wartawan sendiri yang ditetapkan oleh perusahaan pers penerbit kabargayo.com.

Standar operasional prosedur perlindungan wartawan kabargayo.com termaktup dalam poin-poin berikut ini:

Seluruh wartawan kabargayo.com mendapat perlindungan yang sama sesuai dengan Undang-undang No 40 Tahun 1999 dan Standar operasional prosedur dari dewan pers.

Wartawan kabargayo.com wajib memahami dan menta’ati Undang-undang No 40 Tahun 1999/kode etik jurnalistik dan menjunjung tinggi etika pers.

Dalam menjalankan tugas jurnalistik wartawan kabargayo.com memenuhi hak masyarakat memperoleh informasi yang benar dan akurat dari sumber berita yang layak dipercaya dan kredibel. Untuk itu wartawan tidak melakukan plagiat dalam sebuah karya jurnalistik.

Dalam karya jurnalistik wartawan kabargayo.com tetap berpegang teguh pada azas praduga tak bersalah menyajikan berita berimbang (balance) dan tetap melakukan kroscek.

Wartawan kabargayo.com dalam menyajikan karya jurnalistik tetap memberikan perlindungan kepada narasumber tidak menyajikan berita berbau SARA dan memberikan perlindungan kepada anak-anak dibawah umur sesuai dengan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) dan pedoman pemberitaan ramah anak.

Manajemen perusahaan pers dalam menjalankan tugasnya tetap mengedepankan Undang-undang No 40 Tahun 1999 dan kode etik jurnalistik dan peraturan  perlindungan dewan pers tentang perlindungan wartawan.