STAIN Gajah Putih Gelar Muzakarah Ulama

TAKENGON: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Takengon menggelar Muzakarah Ulama, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara peresmian gedung kampus baru STAIN Gajah Putih di Genting Gerbang, Mulya Jadi, Kecamatan Silihnara, Aceh Tengah, yang diresmikan oleh Menteri Agama (Menag) RI, Lukman Hakim Saifuddin, Rabu (28/2/2018).

Muzakarah ini mengangkat tema Revitalisasi Peranan Ulama dan Perbankan Syariah dalam Penguatan Ekonomi Rakyat. Keynote Speech, menyampaikan penghargaan atas acara tersebut dan mengatakan bahwa tema yang diangkat di Muzakarah memiliki relevansi dengan situasi masyarakat saat ini.

Ia menilai penguatan ekonomi umat merupakan bagian tidak terpisahkan dari agama itu sendiri, di dalam ajaran Islam disebutkan bahwa kemiskinan berpotensi membawa kepada kekufuran.

Muzakarah ini menghadirkan dua narasumber, yaitu: Prof. Dr. Al Yasa’ Abu Bakar, MA (Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh), dan Dr. H. Mohammad Hidayat, MBA (Bank Syariah Mandiri Jakarta).

Muzakarah, kata Menag, menjadi salah satu  ruang para ulama dan akademisi untuk membahas bersama agar tantangan-tantangan yang dihadapi oleh umat.

“Apapun rumusan yang dihasilkan dari muzakarah ini akan menjadi perhatian kami di Kemenag untuk menindaklanjuti sesuai batas kemampuan,” terang Menag, Lukman Hakim Saifuddin.

Muzakarah ini sendiri diikuti oleh para ulama  dan Akademisi. Diharapkan dengan adanya Muzakarah ini akan melahirkan solusi-solusi terhadap tantangan-tantangan dari fenomena-fenomena yang dihadapi umat Islam saat ini. (Arsadi)

Harap berkomentar dengan sopan dan tidak menyinggung SARA, Kami tidak bertanggung jawab dengan komentar anda!